Kampus Unasman Budayakan Salat Berjamaah di Kampus

Direktur Pesantren Al Asyariah Mandar, Muh. Muzani Zulmaizar

RAKYATBERSATU.-  Membangun manusia  berilmu dan berkarakter di lembaga perguruan tinggi Al Asyariah Mandara (Unasman),  maka sebuah  kebijakan  dari pihak universitas lahir, dimana seluruh  mahasiswa Unasman diwajibkan untuk  melakukan  salat berjamaah di masjid yang ada di dalam kampus.

Gerakan salat berjamaah Magrib dan Isya ini sudah berjalan sekian lama di kampus. Usai salat berjamaah, mahasiswa  ikut mendengarkan pengajian kitab kuning  yang dibawakan oleh ulama-ulama berpengarauh di Polewali Mandar.

Direktur Pesantren Al Asyariah Mandar, Muh. Muzani Zulmaizar, kepada media di kampus Unasman, Kamis (25/5), mengatakan,  tema besar yang diusung dalam pengajian tersebut menyangkut tentang etika di dalam menuntut ilmu. Dan salah satunya adalah gerakan salat berjamaah di kampus.

Dikatakan, Muh. Muzani, bila mengacu pada nama kampus Al Asyariah, maka diharapkan adanya sinergi antara pendidikan dan da’wah islamiyah. Dan kegiatan salat berjamaah  yang  senantiasa dilakukan di kampus  sesungguhnya adalah ruhnya kampus  Al Asyariah.

Muh. Muzaini yang baru setahun lebih diangkat  menjadi direktur pesantren di Kampus Unasman ini, lebih jauh mengatakan, selain salat berjamaah magrib dan isya di kampus, juga  dilakukan zikir usai salat mgrib. Ini dilakukan tiga kali seminggu yang diatur per fakultas.

Alumni S1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada fakultas Dirasa Islamiyah  dan mahasiswa semester akhir Magister Pendidikan Agama UMI Makassar ini, merasa sangat optimis mahasiswa yang dididik di kampus Al Asyariah Mandar akan melahirkan sosok mahasiswa  yang memiliki  kemampuan yang memiliki daya saing  tinggi didalam  ilmu  pengetahun dan dan teknologi serta ilmu agama yang  baik.

Kedepan kata  Muzaini untuk lebih efektifnya kegiatan kepesantrenan di kampus, maka berkeinginan  untuk mengasramakan mahasiswa baru selama kurang lebih setahun. 

Ini semacam Ta’aruf atau ospek dalam rangka pembinaan. Selama kegiatan kepesantrenan ini dikampus mahasiswa juga diberikan pemahaman tentang hidup bertoleransi, menghargai sesama dan memiliki rasa peduli.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *