Kopertis IX Peroleh Dana Penelitian Rp31 M Lebih

Prof Dr Ir Andi Niartiningsih, MP

RAKYATBERSATU.COM-  Kopertis Wilayah IX Sulawesi tahun anggaran 2017, memperoleh dana penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemenristekdikti sebesar Rp31 miliar lebih. Meningkat dua kalilipat dibandingkan dengan yang diperoleh tahun sebelumnya.

Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih, MP, mengatakan,  capaian yang diperoleh tahun ini sungguh menggembirakan. Dan apa yang dicapai saat ini, itu karena semangat dan motivasi  dosen untuk melakukan penelitian  dan pengabdian pada masyarakat semakin meningkat.

 Dengan semakin banyaknya skim penelitian yang dibuka, koordinator berharap dana penelitian tidak hanya dari Kemenristekdikti, tetapi juga diharapkan dari yayasan untuk ikut mendorong kegiatan penelitian di kampusnya masing-masing.

Sekarang ini, jelas guru besar Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas ini,  bahwa tidak ada lagi alasan bagi dosen untuk tidak melakukan kegiatan penelitian. Sebab selain penelitian dan pengabdian ini adalah  kawajiban bagi setiap dosen, juga pertanggungjawaban keuangannya sudah tidak  rumit. Karena sudah berbasis kinerja bukan lagi kwitansi yang banyak dikeluhkan  oleh peneliti selama ini.

Terkait dengan pencairan dana penelitian dan pengabdian, Koordinator Kopertis IX, Prof Andi Niar, kepada wartawan, di Kopertis Selasa (9/5), mengatakan, sekarang ini setelah penandantangan kontrak penugasan penelitian dan pengabdian yang ditandatangani oleh para pimpinan perguruan tinggi masing-masing , maka penelitian sudah bisa jalan.

Dan sudah bisa dicairkan, tetapi  untuk tahap pertama dana penelitian ini belum bisa dicairkan 100 persen, baru sekitar 70 perse. Nanti  pencairan tahap kedua diberikan 30 persen ditambah dengan dana tambahan.

Dana  tambahan ini sebenarnya untuk memberikan motivasi kepada dosen untuk  menjalankan penelitian. Tetapi dana tambahan ini diberikan karena ada target yang ingin dicapai. “Jika target yang diinginkan tidak tercaai maka dana tambahan tersebut ditarik kembali,”kunci Andi Niar.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *