LP2M UNM Gelar PKM Terpadu di Kabupaten Bantaeng

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT, sedang melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan sejumlah Kepala Sekolah di Kab. Bantaeng dalam kegiatan PKM Terpadu, Minggu (30/6/2019)

RAKYATBERSATU.COM.- Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama pemerintah Kabupaten Bantaeng menggelar PKM dengan menularkan pengetahuan dan keterampilan pada warga di Desa Bonto Tiro Kec. Sinoa dan Desa Bonto Jai Kec. Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (30/6/2019).

Kegiatan pengabdian pada masyarakat terpadu dibuka oleh Rektor UNM Prof. Dr. H. Husain Syam, M. TP, dalam hal ini diwakili oleh Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf. MT ini dihadiri oleh Karaeng Bella (Camat Bissappu), Arman (Kepala Desa Bonto Tiro), Kepala Desa Bonto Jai, Kepala SMPN 3 Bantaeng, Para Tokoh Masarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan para peserta pelatihan sekitar 200 orang.

Kegiatan yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat di Kab. Bantaeng ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat sehingga dapat membantu meningkatkan taraf hidup keluarga.

“Kegiatan ini kami harapkan memberi manfaat kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” demikian pesan Rektor UNM yg disampaikan oleh Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf. MT. Untuk Kabupaten Bantaeng, kegiatan yang dilakukan adalah Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Bagi Pengurus TP PKK, Peningkatan Kompetensi Profesional guru-guru Melalui Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Pelatihan Tata Boga, Tata Busana, Tata Rias bagi ibu-ibu dan remaja putri, Pengkaryaan Tari Kreasi bagi peserta didik SMP, Bimtek Penyusunan Instrumen Penilaian Menggunakan Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Guru, Pembuatan Media Baca dan Strategi Lead Reading Bagi Siswa Kelas Awal, Perbaikan Alat-Alat Rumah Tangga Listrik bagi warga masyarakat, Pembuatan Pestisida Nabati Menggunakan Buah Maja Pada Kelompok Tani Desa.

Pelaksanaan Kegiatan yang dikoordinir oleh Dr. Lu’mu Taris, M.Pd, ini dihadiri oleh dosen pengabdi masing-masing, Dr. Syamsidah. M.Pd, Dra. Ratnawati Tawani, M.Hum, Rika Riwayani,S.Pd, M.Hum, Sahruni, S.Pd, M.Sn, Dr. Arnida, M.Pd, Dr. Widya Karmila Sari, M.Pd, Mulyadi, S.Pd, MT, Dyah Darma Andayani,ST.,M.Tel.Eng,Dr. St.Aisyah, M.Pd, Dra. Kurniati, M.Si, Nur Anny S.Taufieq,SP.,M.Si.,Ph.D, Raeny Tenriola,ST.,M.T, Dr. Andi Hudiah,M.Pd, dan Dr. Slamet Widodo,S.Pd.,M.Kes.

Ketua LP2M UNM menegaskan bahwa rekomendasi dari pemangku kepentingan dan seluruh peserta adalah menginginkan PPM seperti ini berjalan simultan kemudian penyaji materi juga sangat antusias karena pesertanya aktif mengikuti pembelajaran sehingga akan melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat terpadu ini dengan melakukan kegiatan pendampingan sesuai masalah yang dihadapi masyarakat.

“Respon peserta atau pun masyarakat terhadap kegiatan pengabdian masyarakat terpadu LP2M UNM ini sangat baik, dan berharap kegiatan ini berkelanjutan di Kab. Bantaeng dengan berbagai kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa,” tutur Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf. MT. (Wahyudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *