LP2M UNM Gelar Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Bakhrani Rauf, MT memberikan sambutan pada  seminar nasional, Sabtu (5/10/2019) di Ballroom Pinisi.

RAKYATBERSATU.COM.- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar menggelar seminar nasional pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat tema”Penguatan PeranPerguruan Tinggi dalam Akselerasi Pembangunan Sumber Daya Manusia. Seminar tersebut berlangsung. Sabtu (5/10/2019) di Ballroom KampusPinisi Jl. AP. Pettarani.

Dalam sambutannya, Rektor UNM, Prof. Dr. H. Husain Syam, MTP menegaskan bahwa kegiatan seminar nasional pengabdian masyarakat ini memang penting apalagi dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa hingga saat ini perguruan tinggi belum maksimal memberikontribusi positif pada pengembangan sumber daya manusia atau human resources, padahal SDM merupakan salahsatu yang menentukan.

“Oleh sebab itu, seminar seperti yang kita lakukan ini adalah sebuah kemestian demi perbaikan kualitas lembaga dan juga SDM nya,tentu selainSDM, sumberdaya alam atau natural resources juga menjadi perhatian kita semua dalam rangka menyongsong bonus demografi 2020-2035,”ujar Prof. Husain Syam di depanpara peserta seminar.

Sementaraitu, Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf. M.T menyatakan bahwa pengembangan SDM usia produktif (15-64 Tahun) sangat penting karena kalau tidak, maka bonus demografi bukan saja tidak akan bermanfaat malah membuat Negara semakin lemah, karena usia produktif yang seharusnya menjadi penyanggah bagi usia konsumtif justru tidak dapat meningkatkan produktifitasnya.

Ketua Panitia Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat UNM tahun 2019, Dr. Syamsidah, M.Pd memberikan sambutan, Sabtu (5/10/2019)

“Maka dari itu, perguruan tinggi harus menyikapi masalah ini sebagai bagian tanggungjawabnya dalam mempersiapkan sumberdaya manusia dalam rangka mewujudkan cita-citamasyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,”ungkap Prof. Bakhrani Rauf yang juga sebagai dosen pengabdi terbaik di UNM tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia seminar, Dr. Syamsidah, M.Pd menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut diharapkanakan melahirkan gagasan-gagasan baru untuk lebihak seleratif di tengah-tengah masyarakat sehingga hasil-hasil pembangunan secepatnya dinikmati secara merata oleh masyarakat.

“Kegiatan Seminar Nasional ini diikuti sedikitnya 500 peserta dan tentu secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua. Olehnya itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Haluoleo Kendari, Universitas Negeri Manado, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,  Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Bosowa, Universitas terbuka, Universitas Muslim Indonesia, Politeknik Ujung Pandang, Poltek Pembangunan dan Universitas Asyariah Mandar yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,”ucap Dr. Syamsidah, M.Pd.

Adapun narasumber pada seminar nasional tersebut adalah Prof. Dr. rer.nat. Mochammad Yuwono, MS. Apt. Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya, dan Dr. drh. R Wisnu Nurcahyo dari Universitas Gajah Mada. (Wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *