Mahasiswa UT Asal Pangkep Mengajar 6 Kelas Sekaligus

Mensyah, guru di SDN 44 Bakka Pangkep saat menceritakan pengalamannya

RAKYATBERSATU.COM.-Cukup menarik perkuliahan atau Tutorial Tatap Muka (TTM) kali ini di Universitas Terbuka (UT) kelas Makassar (19/10/2019).

Saat proses diskusi Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Modul 5 Pemilihan Metode Mengajar, mahasiswa yang seorang guru di SDN 44 Bakka Pangkep, bernama Mensyah menceritakan pengalamannya mengajar rangkap 6 kelas sekaligus dan metode yang digunakannya.

Menurut Mensyah, SDN 44 Bakka berlokasi di daerah pegunungan Kab Pangkep termasuk daerah 3T (tertinggal, Terdepan, dan Terluar). “Tenaga pendidik di sekolah ini sangat terbatas, saat itu saya sendiri hadir di sekolah tersebut.

Kondisi kelasnya mulai kelas 1 sampai 6 berjajar, dan hanya ada sekat antar kelas yan dapat dibuka tutup. Sehingga ketika mengajar kelas rangkap memudahkan mobilitas antar kelas,” ungkapnya.

Metode yang Mensyah gunakan saat mengajar tergantung mata pelajaran tapi secara umum kombinasi ceramah, diskusi (bagi kelas atas) dan penugasan. “Cuma kelas agak gaduh, pada saat tugas di kelas tertentu sudah selesai tapi di kelas lain, saya masih ceramah,” tutur Mensyah

Mensyah berharap pemerintah memberi perhatian khusus terhadap sekolah yang masih jauh tertinggal khususnya di dataran tinggi Kabupaten Pangkep. (*)

Laporan: Dr Pantja Nur Wahidin, M.Pd- Tutorial Tatap Muka UT Pokjar Makassar 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *