Masih Ada Dosen Belum Kuasai IT: Ini Usul Rektor Unismuh Makassar

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM (tengah), Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir (kanan) dan Ketua LP2AI, Dr Haeruddin (kiri) di acara rapat evaluasi program tengah tahunan di Hotel Arthama, belum lama ini. foto nas

RAKYATBERSATU.COM. –Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat mempengaruhi proses pembelajaran  di perguruan tinggi dewasa ini. Seiring dengan itu, maka penguasaan teknologi dan informasi (IT) bagi dosen di perguruan tinggi tidak bisa lagi ditunda-tunda.

Seiring dengan itu, kondisi dosen  di sejumlah perguruan tinggi masih ada yang belum  mahir menguasai internet, sehingga proses pembelajaran di kampus tidak berjalan  optimal.

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, penguasaan teknologi dan informasi dalam proses pembelajaran bagi dosen di perguruan tinggi adalah wajib. Tidak boleh ada lagi dosen di era digital saat ini yang gaptek teknologi.

Rahman Rahim, mengakui dari 800-an lebih dosen Unismuh Makassar saat ini masih ada sebagian kecil dosen, khususnya dosen yang umur 40 tahun ke atas yang belum terlalu menguasai IT, sehingga masih perlu meningkatkan kapasitasnya di bidang IT.

Karenanya, di rapat evaluasi program tengah tahunan 2017-2018 Unismuh Makassar, Rahman Rahim mengusulkan untuk segera dilakukan pelatihan IT bagi dosen yang masih lemah pengetahuan IT-nya.

“Dosen Unismuh  yang masih lemah IT perlu ditingkatkan  kemampuannya melalui kegiatan pelatihan IT yang dilaksanakan,”harap rektor.

Kaitannya dengan penguasaan IT bagi dosen,  maka dalam perekrutan dosen baru Unismuh Makassar yang jumlahnya mencapai 146 orang ini,  salah satu yang menjadi persyaratan rekruitmen dosen adalah menguasai teknologi komunikasi dan informasi. “Jadi dosen baru Unismuh yang sudah menerima SK, 100 persen menguasai IT,”ujar Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P2AI), Dr Khaeruddin. (nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *