Muhammad Ashar, Dosen UPRI Raih Doktor di UNM

┬áRAKYATBERSATU.COM.– Persoalan kesetiaan ganda melahirkan dilema identitas ideologis. Terjebaknya individu dalam rivalitas kesetiaan adalah suatu hal yang berdampak langsung bagi berseminya pandangan oposisi biner yang menjadi salah satu varian karakter keberislaman yang mengkontradiksikan kesetiaan pada agama dan negara. Tentu saja, bila pandangan seperti ini dibiarkan tumbuh, maka dapat mengancam keutuhan NKRI.

Demikian alasan mengapa Muhammad Ashar tertarik meneliti identitas orang Bugis Makassar dengan judul disertasi Hibriditas Kesetiaan Ganda Menuju Identitas Poskolonial (Transformasi Problematika Identitas Keberagamaan Orang Bugis Makassar) yang dipertahankan di depan sidang ujian promosi doktor pada Senin, 9 April 2018 di Aula PPs UNM.

Dosen Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) menyimpulkan proses konstruksi sosial dapat menghasilkan tiga varian identitas, yakni identitas poskolonial, fluid identity, dan nonposkolonial. Identitas poskolonial dicirikan dengan pandangan hibriditas, fluid identity dicirikan dengan filosofi pragmatis, dan identitas nonposkolonial ditandai dengan logika oposisi biner. Ketiga identitas itu memiliki pandangan dasar relasi agama dengan negara yang khas.

Menurut Ashar, dialektika antaridentitas orang Bugis Makassar dapat digambarkan dalam dua bentuk sintesis identitas yang menghasilkan identitas cair atau fluid identity (Hibriditas A) dan sintesis bentuk negara, yakni negara supra-agama (Hibriditas B) yang merupakan bentuk struktural yang sesuai dengan fluid identity dan identitas poskolonial.

Muhammad Ashar dinyatakan lulus dengan IPK 3,95 dan predikat kelulusan sangat memuaskan. Sidang ujian promosi doktor dipimpin Prof.Dr.Anshari,M.Hum. dengan anggota: Prof.Dr. Rifdan, M.Si., Prof.Dr. Ahmad Sewang, MA., Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si., Prof.Dr. Andi Ihsan, M.Kes., Prof.Dr.Darmawan Salman, MS. (Promotor), Dr. Imam Mujahid, MT. Dev (Kopromotor), dan Dr. Sawedi Muhammad, M.Sc. (Penguji Eksternal). (Wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *