Pendidikan Teknik Elektro UNM Latih Warga Gowa Mengatasi Dampak Covid-19

RAKYATBERSATU.COM–Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) kembali melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian pada masyarakat bertajuk Perbaikan Alat-Alat Rumah Tangga Listrik dalam Mengatasi Dampak Covid-19 ini dipusatkan di Kelurahan Kalegowa Kabupaten Gowa dengan Ketua pelaksana Muliadi, S. Pd., M.T dan anggota Alifya NFH, S. Pd., M. Pd.

 Peserta  dengan   penuh  perhatian  menerima materi cara menggunakan alat ukur multimeter

Kegiatan ini dilaksanakan pada LKSA Nur Uswatun Hasanah yang ada di Kelurahan Kalegowa secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada warga LKSA (Panti Asuhan) sehingga mampu dan terampil dalam memperbaiki alat-alat rumah tangga listrik seperti setrika, dispenser, rice cooker, blender dan kipas angin.

Ketua LKSA Nur Uswatun Hasanah, Adri Kiston mengatakan bahwa berdasarkan hasil monitoring selama pelaksanaan kegiatan peserta nampak bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan sehingga memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan alat-alat rumah tangga listrik.

“Hal ini kita bisa buktikan dengan adanya peralatan yang ada di LKSA seperti setrika, dispenser dan kipas angin yang berhasil diperbaiki, ” ungkap Adri Kiston.

Dikesempatan itu, Adri Kiston menyampaikan terima kasihnya Rektor UNM dengan adanya kegiatan PKM ini serta mengharapkan kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan setiap tahun.

Muliadi selaku Ketua Pelaksana PKM dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) mengatakan bahwa selain pelatihan secara luring juga dilakukan pelatihan secara daring melalui channel youtube sebagai kelanjutan pendampingan setelah kegiatan luring selesai sehingga warga LKSA masih dapat memperoleh pembimbingan secara berkelanjutan.

Adapun channel youtube yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan perawatan dan perbaikan alat-alat rumah tangga listrik yaitu channel youtube Muliadi UNM.

“Respon peserta yang mengikuti pelatihan sangat baik dan bersemangat mengikuti sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam memperbaiki alat-alat rumah tangga listrik, ” tandas Muliadi.

Salah seorang peserta juga mengatakan bahwa materinya tidak membosankan karena langsung dipraktekkan dan ada videonya di youtube. (wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *