Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra Soppeng Salat Gerhana Bulan

Laporan: Maghfirotin Fajrin
Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar

RAKYATBERSATU.COM.- Para santri dan santriwati Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng melaksanakan salat gerhana bulan di mesjid Nurul Ilmi, Rabu malam (31/01/2018).

Selain para santri dan santriwari, ada pulah para anggota Ikatan Alumni Madrasa Aliyah Perguruan Islam Ganra (IKA MAPIG) dan para masyarakat di sekitar pondokan ikut melaksanakan sholat gerhana bulan.

Pelaksanaan sholat gerhana bulan ini pertama kalinya di adakan di mesjid pondok pesantren Pergis Ganra di lakukan setelah sholat isya, pelaksanaannya pun cukup hikmat.

“alhamdulilah pelaksanaan sholat gerhana bulan pada malam hari ini sangat hikmat, yang menjadi imam sholat kami yaitu ustd Rudi Jayadi, SQ” ujar Asri, S. Kep, Ners.

Sholat gerhana bulan ini dilakukan untuk menegaskan bahwa semua fenomena yang terjadi di muka bumi ini adalah kehendak dari Allah, maka kita sebagai ummat muslim kita senangtiasa kembali mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah salat selesai maka dilanjutkan dengan khutbah dan yang menjadi khatib adalah K.Sulaeman Usmar, S. Pd. I.

“Fenomena Alam ini terjadi tidak terlepas dari Izin Allah SWT,dan banyak orang tua terdahulu yang telah menyaksikan kejadian langka ini tetapi mereka semua telah wafat, maka beruntunglah kita saat ini bisa menyaksian kejadian ini” ujar K. Sulaeman

Salat gerhana bulan tergolong dalam salat sunah muakkad atau salat sunah yang di anjurkan untuk dilakukan.

Setelah pelaksanaan salat gerhana para santri dan santriwati dapat melihat fenomena yang langka dan indah ini di pelataran mesjid Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra, dengan fenomena ini diharapkan para santri dan santriwati semakin dekat dengan Allah SWT.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *