Prodi Administrasi Kesehatan dan Gizi FIK UNM, Sukses Menggelar Webinar Kewirausahaan

Wakil Dekan I Bidang Akademik FIK UNM, Dr. H. Syahruddin Saleh, M.Kes saat membuka Webinar Kewirausahaan, Senin (24/8/2020)

RAKYATBERSATU.COM.- Program Studi Administrasi Kesehatan dan Program studi Gizi, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Universitas Negeri Makassar (UNM) akhirnya sukses menggelar Webinar tentang kewirausahaan dengan mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Enterpreneurship bagi Mahasiswa Kreatif, Inovatif dan Mandiri”, yang dilaksanakan pada hari Senin (24/8/2020).

Kegiatan yang berlangsung secara virtual tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan di lingkup FIK UNM serta lebih dari 100 orang jumlah peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan para praktisi usaha yang ada di Sulawesi Selatan.

Kegiatan Webinar yang dimoderatori oleh Nur Inayah I, SKM, M.Kes (Dosen Prodi Adminsitrasi Kesehatan FIK UNM) tersebut menghadirkan 2 pembicara handal, masing-masing Adryan Yudhistira P, S.Psi (Owner Yotta Indonesia) dan Ismail Bachtiar, SKM (Owner Rektor Institute dan Anggota DPRD Prov. Sul-Sel).

“Mewakili Bu Dekan FIK UNM, Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes, maka izinkan saya untuk menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-sebesarnya atas ketidakhadirannya beliau bersama dengan kita semua berhubung karena ada tugas mulia dan sangat penting yang beliau harus laksanakan. Selanjutnya, selaku pimpinan di fakultas, tentu kita perlu memberikan apresiasi yang positif terhadap seluruh teman-teman kita di Prodi Administrasi Kesehatan dan Prodi Gizi atas terselenggaranya Webinar tentang kewirausahaan, apalagi saya kira hal ini sudah sejalan dengan harapan besar Bapak Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. H. Husain Syam, MTP yang menginginkan agar 10 persen mahasiswa UNM menjadi entrepreneur dari total mahasiswa yang ada.”Oleh karena itu dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahiim, Webinar dengan resmi saya buka dan semoga berjalan lancar serta bermanfaat untuk menambah khasanah keilmuan kita semua dalam berwirausaha,”ujar Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FIK UNM, Dr. H. Syahruddin Saleh, M.Kes dalam sambutannya.

Sementara itu, Adryan Yudhistira P, S.Psi, sebagai narasumber pertama mengatakan bahwa bagi seorang yang ingin menggeluti dunia wirausaha maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah memperbaiki dan setiap saat memperbaharui mindset serta harus pintar-pintar dalam membidik pasar potensial.

“Peluang dari luar negeri atau dari luar wilayah kita, jika memang produknya bagus maka tidak apa-apa kita pelajari dengan baik untuk menginspirasi dalam membuka ruang-ruang usaha, dan saya sendiri secara pribadi menggunakan metode ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi) jika ada hal yang terbaru. Selain itu, kita harus memahami dengan baik tentang problem yang ada sehingga bisa dicarikan solusi yang terbaik,”urai Adryan yang pernah menjadi delegasi UNM dalam expo kewirausahaan mahasiswa Indonesia nasional by Dikti di Universitas Brawijaya tersebut.

Lain lagi dengan apa yang disampaikan oleh narasumber ke Dua, Ismail Bachtiar, SKM (Owner Rektor Institute dan Anggota DPRD Prov. Sul-Sel) yang mengatakan bahwa semua harus diawali dengan niat benar dan tulus dengan mengharapkan ridho ALLAH Swt.

Menurutnya, menjadi sukses dalam wirausaha itu harus selalu dengan jiwa dan semangat yang optimis dan jangan pesimis.

“Terus terang saya mengawali bisnis itu berawal dari modal beasiswa Bidik Misi yang saat itu cukup membantu untuk kegiatan bisnis kecil-kecilan berupa jualan es teler di Kampus, termasuk jualan pulpen ke teman-teman kuliah pada waktu itu,”ungkap Ismail Bachtiar.

Pengusaha yang kini terjun di dunia politik tersebut menambahkan bahwa pengabdian kepada ke dua orang tua adalah hal yang utama untuk menjadi sukses tidaknya seseorang dalam sebuah bisnis atau usaha.

“Bagi saya, berikanlah selalu yang terbaik untuk orang tua kita, karena dari situlah sumber keberkahan rezeki akan mengalir dan itu saya jalani dan buktikan sendiri dan tetaplah berproses jangan pernah gengsi sebab bisnis itu tak ada yang instan tetapi semua penuh dengan tantangan,”ujar Ismail Bachtiar yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Prov. Sul-sel ini. (Wahyudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *