Prodi Kehutanan Unismuh Makassar Siap Divisitasi BAN PT

Ketua Prodi Kehutanan Husnah Latifah, S.Hut, M.Si (kanan), Ketua Penjaminan Mutu Prodi Kehutanan Dr Irma Sribianti, S.Hut, MP (kedua kanan) dan tim sedang mempersiapkan kelengkapan dokumen borang untuk persiapan visitasi dari tim asessor BAN-PT, Sabtu 5 Agustus 2017. –nasrullah

RAKYATBERSATU.– Fakultas Pertanian Progam Studi Kehutanan Universitas Muhammadiyah Makassar,  sudah beberapa pekan ini sibuk mempersiapkan seluruh dokumen  borang untuk divisitasi oleh tim asessor dari  BAN-PT.

Ketua Prodi Kehutanan Husnah Latifah, S.Hut, M.Si didampingi Ketua Penjaminan Mutu Fakultas Pertanian Dr Irma Sribianti, S.Hut, MP, mengatakan, apa yang tercantum di borang mulai dari standar 1- 7 dokumennya sudah rampung 90 persen.

“Insya Allah dalam beberapa hari ini semua bukti fisik dalam borang sudah lengkap,”tandas Irma Sribianti.

Dikatakan  Husnah dari standar 1 sampai 7 yang menjadi penilaian oleh tim visitasi dari BAN-PT, ada beberapa yang masih perlu dibenahi, diantaranya adalah laboratorium dan kelengkapannya.

Dikatakan prodi kehutanan  memiliki tiga laboratorium, yakni laboratorium perencanaan kehutanan, laboratorium kehutanan terpadu dan laboratorium  dasar terpadu. Ketiganya ini  masing-masing membutuhkan kelengkapan alat loboratorium yang berbeda-beda.

Namun dari segala keterbatasn yang dimiliki Prodi Kehutanan Unismuh terutama laboratorium, Husnah dan Irma Sribianti tetap optimis akan bisa mendapatkan peringkat akreditasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Menyinggung tentang standar 7, yakni menyangkut penelitian, pengabdian dan kerjasama, Husnah maupun Irma sudah lebih baik. Tahun ini tiga orang dosen Pertanian Unismuh yang mendapat dan hibah dari Dikti,  2 orang diantaranya adalah penelitian dan 1 orang mendapat dana hibah pengabdian.

Dikatakan  Irma , kalau melihat jumlah hasil penelitian dan pengabdian yang dicapai sejak  2013-2016, sudah 70 judul pengabdian yang lolos, empat diantaranya adalah pengabdian diluar negeri.(nasrullah)

Sementara untuk kegiatan penelitian lolos 49 judul. Sumber dananya ada dari Kemenristek Dikti, Dinas dan juga kampus. Sementar untuk kerjasama sudah membangun 40 kerjasama, baik itu kerjasama dengan prodi, universitas maupun dengan pihak perbankan. (nas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *