Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unismuh Makassar Raih Akreditasi A BAN-PT

 

Dr Erwin, M.Pd,Ph.D

RAKYATBERSATU.- Setelah melalui proses yang panjang serta kerja  yang sungguh-sungguh bersama dengan tim, akhirnya  Program Studi Pendidikan Bahasa  dan Sastra Indonesia, pada Fakultas Keguruan dan Ilmu  Pendidikan (FKIP)  Universitas Muhammadiyah Makassar berhasil  mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) .

Perolehan akreditasi A ini diperkuat dengan adanya surat keputusan BAN-PT, tertanggal 5 September 2017 dengan bernomor 3211/SK/BAN PT/Akred/S/IX/2017.

Dengan raihan akreditasi A, maka Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar  adalah prodi kedua yang telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT, setelah sebelumnya Prodi Ilmu Administrasi Negara Fisipol lebih awal memperoleh  Akreditasi A.

Dekan FKIP Unismuh Makassar, Dr Erwin, M.Pd,Ph.D, yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu 20 September, mengakui kalau prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dibinanya baru saja memperoleh akreditasi A dari BAN-PT.

Tentu capaian yang diperoleh ini patut disyukuri kepada Allah SWT. Dan bukan untuk disombongkan. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena apa yang menjadi  target fakultas maupun keinginan dari seluruh pimpinan Universitas termasuk Muhammadiyah dapat dicapai.

Memperoleh akreditasi tertinggi A, bukan hal yang mudah dan tidak gampang untuk meraihnya. Tetapi dengan melalui proses dan perjuangan yang  panjang, serta kerja-kerja yang cerdas bersama dengan tim  akhirnya  target yang diinginkan tercapai.  Paling disyukuri pula bahwa selama proses persiapan akreditasi sampai dengan visitasi tim yang bekerja saling mendukung satu sama lain dan juga sangat kompak.

“Saya tidak mau mengatakan, keberhasilan yang dicapai saat ini nanti setelah periodenya. Ini prosesnya panjang, sudah dipersiapkan sejak lama,”tegas Erwin.

Dikatakan,  keberhasilan saat ini telah melalui proses yang panjang. Dimulai sejak dekan sebelumnya yang dijabat oleh Dr Andi Sukri Syamsuri yang sekarang ini menjabat wakil rektor II Unismuh Makassar, terus berlanjut  sampai diera kepemimpinannya sebagai dekan FKIP. Ini juga karena dilaksanakan dengan semangat dan kerja tim yang sangat kompak.

Adik kandung mantan rektor periode sebelum Rahman Rahm menjadi rektor, mengatakan,  apa yang dicapai oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar merupakan sejarah baru di Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Sulsel. Dan Prodi Pendidikan Bahasa  dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh adalah PTS pertama di Sulsel yang memperoleh akredisi A.

Erwin berharap apa yang dicapai Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Unismuh Makassar, dapat dijadikan cambuk, dan lebih memotivasi bagi prodi-prodi lainnya untuk lebih meningkatkan kualitasnya terutama dalam meningkatkan perolehan akreditasinya sebagaimana harapan universitas.

Sekadar diketahui tingkat akreditasi dari 11 program studi yang ada di FKIP,yakni  PGSD (B), Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris (B),  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (A),  Pendidikan Matematika (B),  Pendidikan Fisika (B), Pendidikan Sosiologi (B),  Teknologi Pendidikan (B), Pendidikan Seni Rupa (C), serta tiga prodi lainnya  yakni Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Biologi dan PAUD (Terakreditasi).

Dekan FKIP Erwin Akib, mengatakan, prodi yang masih akreditasinya C, yakni Pendidikan Seni Rupa  akan ditargetkan mendapat akreditasi B. Sementara tiga prodi lainnya  sedang diusul untuk divisitasi dan juga akan ditargetkan mencapai akreditasi B.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *