Prof Edy Suandi Optimis Unismuh Bisa Peroleh Akreditasi A

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM (tengah), Prof Dr H Edy Suandi Hamid, M.Ec (kanan) dan Wakil Rektor I, Ir H Rakhim Nanda, NT (kiri) saat acara bintek akreditasi menuju A di Kampus Unismuh Makassar

RAKYATBERSATU.- Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr H Edy Suandi Hamid, M.Ec sangat optimis 2019, Univeritas Muhammadiyah (Unismuh)  Makassar dapat memperoleh akreditasi A. Syarat akreditasi institusi menuju A, setelah sudah memenuhi  syarat 30 persen prodi yang dibina terakreditasi A.

Artinya untuk memenuhi syarat akreditasi intitusi menuju A maka  Unismuh Makassar,  yang saat ini membina  40 prodi, maka  minimal 13 – 14 prodinya yang harus terakreditasi A.

Karenanya 7 standar akreditasi harus  dipenuhi. Dan dari t standar kalau  ada  yang sudah sulit ditingkatkan nilainya seperti  guru besar, maka standar lain yang masih memungkinkan dipacu  nilainya akan diupayakan, ujar Prof Edy  yang juga mantan rektor UII.

Tapi Prof Edy  sangat yakin dengan semangat dan inovasi  yang ditunjukkan oleh para  dosen maupun pimpinan perguruan tinggi didalam mendorong percepatan akreditasi institusi menuju A, 2019 itu dapat tercapai.

“Saya sangat optimis sekali Unismuh Makassar dapat memperoleh akreditasi institusi A. Sekarang ini Unismuh  sudah memiliki skor akreditasi institusi 357 point (B plus), sisa 4 point lagi Unismuh sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan akreditasi institusi A,”ujarnya.

Dikatakan, dari  seratusan lebih PTM di Indonesia,   Unismuh Makassar yang paling mendekati  akreditasi institusi A, tidak termasuk UMM dan UMJ yang saat ini sudah terakreditasi A,”ujarnya seraya menambahkan dia akan mengawal betul-betul Unismuh ini menuju akreditasi A.

Prof Edy  yang didampingi Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM dan Wakil Rektor I, Ir H Rakhim Nanda, MT, kepada media Jumat 13 Oktober 2017, di Lantai 17 Kampus Unismuh, mengatakan,  sekarang masih ada waktu  satu tahun lebih untuk melengkapi dokumen-dokumen yang yang diperlukan untuk reakreditasi prodi.

Dikatakan, dalam visitasi prodi betul-betul mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan mulai A – Z harus lengkap. Berharap dalam presentasi juga nantinya yang membawakannya betul-betul  memiliki kemampuan yang bisa meyakinkan. Oleh karenanya dokumennya harus dilengkapi sesuai  yang tertera dalam borang.

“Harus ada bukti yang bisa diperlihatkan saat visitasi nanti oleh asessor,”tandas Prof Edy.

Prof Edy juga meminta kepada pihak Unismuh agar kegiatan-kegiatan yang bisa menambah point penilaian akreditasi sesegera mungkin  diupayakan dan dikerjakan, sepanjang masih bisa disiasati.

Tarulah seperti kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat, penulisan  jurnal terindekscopus  maupun jurnal terakreditasi, sarana prasarana dan juga peningkatan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri tetap dimaksimalkan.

“Untuk meningkatkan kegiatan penelitian perlu  juga ada sinergitas antara  dosen tua dengan dosen muda. Dan pihak lembaga harus memberikan support agar ini bisa berjalan sebagaimana diharapkan,”kuncinya.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *