Pusat Lembaga Bahasa Unismuh Makassar Tuan Rumah Workshop Nasional FILBA II Tahun 2019

 Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM bersama peserta workshop nasional FILBA II Tahun 2019 di Kampus Unismuh Makassar.

RAKYATBERSATU.COM.– Pusat Lembaga  Bahasa  Universitas Muhammadiyah Makassar  menjadi tuan rumah pelaksana Workshop Nasional  Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA)  II Tahun 2019.

Workshop ini dimulai Rabu – Sabtu ( (18 – 21) September 2019 di Gedung  UPT Bahasa Unismuh Makassar . Diikuti para ketua-ketua lembaga bahasa  dari  64 Perguruan Tinggi Swasta  maupun PTN  se Indonesia.

Workshop ini dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM. Rektor  berharap  dengan kegiatan ini  pelayanan  lembaga bahasa  di  PTMA diseluruh Indonesia bisa lebih baik. Oleh karena itu rektor berharap workshop ini   bisa terus berlanjut.

Pada bagian lain, Ketual  Pusat Lembaga Bahasa Unismuh Makassar, Maharida Manidar, S.Pd, M.Pd  yang ditemui  ditempat pelaksanaan workshop, menyebutkan agenda workshop nasional FILBA II tahun 2019, dibagi menjadi  enam (6)  divisi.

Devisi pertama adalah soal kelembagaan dengan agenda, penyusunan draf 2 RPJP dan draf I Renstra FILBA 2019-2024, pembentukan pengurus  wilayah timur, pemenatapan kesekretariatan FILBA, dan persiapan  workshop nasional FILBA III tahun 2019 di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Divisi kedua adalah  standarsdisasi  dan penjaminan mutu dengan agenda, perumusan standar nasional institusi layanan bahasa tahap I. Divisi ketiga adalah  pelatihan bahasa dengan agenda,  sharing session layanan pelatihan bahasa, perintisan penyelenggaraan pelatihan bahasa berbasis daring, dan perintisan pembentukan tutor center.

Sementara divisi 4 adalah  pengujian bahasa dengan agenda, sharing session layanan pelatihan bahasa, penyusunan kisi-kisi tes kemahiran bahasa (TKB), pendesainan  format TKB, pengidentifikasian tes kemahiran  bahasa yang telah dikembangkan oleh  institusi  anggota FILBA, penyusunan tata tertib pelaksanaan TKB,  penyusunan mekanisme penanganan mahasiswa yang telah mengikuti  pelatihan dan TKB berkali-kali tetapi belum mencapai skor minimal yang dipersyaratkan.

Juga divisi pengujian bahasa ini  akan mengagendakan  penyusunan draf  dokumen kerjasama penyelenggaraan TKB antar ILB anggota FILBA, serta perintisan  pembentukan tes  developer  center.

Sedangkan divisi 5 adalah penerjemahan dan  penyuntingan bahasa dengan agenda,  sharing session  layanan penerjemahan  dan penyuntingan  bahasa, perintisan pembentukan  translator center dan penyusunan desain  pelatihan translator di UNS. Sementara divisi 6 adalah  kerjasama dengan agenda,  penyusunan langkah-langkah  operasional  penjalinan kerjasama dengan kemenristekdikti  dan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri  dan pengayaan budaya.-nasrullah-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *