Dosen Lebih Enjoy di Dharma Pengajaran, Belum Pada Penelitian dan Pengabdian

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Unismuh, Dr H Lukman Hakim (kanan) bersama Ketua Penelitian LP3M, Muh Arief saat memberikan materi Workshop Riset dan PKM Hibah Ristekdikti, di Aula Mini Fakultas Ekonomidan Bisnis Unismuh Makassar, yang dibuka Rektor 10/5/2017. –Foto  nasrullah–

RAKYATBERSATU.- Kegiatan penelitan dan pengabdian pada masyarkat di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta umumnya belum berjalan maksimal. Dosen saat ini masih lebih enjoy di dharma pengajaran. Padahal dua dhama yang lainnya juga sama pentingnya dengan pengajaran.

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM, kepada wartawan, mengakui hal itu, kalau dua dharma pergurun tinggi, yakni penelitian dan pengajaran sampai saat ini belum dilaksanakan secara optimal di perguruan tinggi, termasuk di Unismuh Makassar. Tapi dosen masih lebih senang mengajar.

Agar kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat ini berjalan sesuai yang diharapkan, Rektor Dr H Abdul Rahman Rahim, telah mendorong  seluruh dosen Unismuh khususnya  bagi dosen pemula untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Salah satunya yang dilakukan agar dosen termotivasi melakukan  penelitian dan pengabdian, adalah dengan memberikan pemantapan melalui workshop atau pelatihan  bagi  seluruh dosen Unismuh tentang metode penyusunan  proposal penelitian unggulan perguruan tinggi.  Penelitian yang dilaksanakan ini tentu  merujuk pada  renstra penelitian unggulan perguran tinggi.

Adapun sasaran akhir yang diharapkan dari penelitian yang dilaksanakan,  dapat menghasilkan teori, metod atau kebijakan baru pada bidang unggulan (frontier) yang digunakan untuk pembangunan ke ilmuan unggulan pada perguruan tinggi tersebut.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Unismuh Makassar, Dr H Lukman Hakim, usai memberikan materi pada workshop model penyusunan proposal penelitian terapan  PUPT di Aula Mini Fakultas Ekonomi dn Bisnis Unismuh, kemarin, mengatakan,  ada sekitar 50-an dosen  FEBIS Unismuh mengikuti pelatihan. “Ini pertanda semangat bagi dosen untuk mengikuti kegiatan penelitian danpengabdian pada masyarakat makin besar,”ujarnya.

Dikatakan, secara umum dosen Unismuh yang  melakukan penelitian  untuk saat ini masih sekitar 25 persen dari 547 dosen yang ada. Berharap  2018 dosen Unismuh yang terlibat penelitian maupun pengabdian sudah bisa mencapai 75 persen. “Ini yang terus kita dorong,  melalui pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan terus menerus, baik tingkat  fakultas maupun institusi,”kuncinya.

Salah satu masalah juga mengapa penelitian ini belum  optimal, karena terganjal pangkat akademik. Sekarang  masih ada dosen yang belum memiliki pangkat akademik.Di Unismh katanya baru memiliki 90-an memiliki pangkat lektor kepala  dan 6 orang professor. (nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *