Rektor Genjot Penelitian Dosen,Siapkan Dana Rp2 Miliar

RAKYATBERSATU.-Universitas Muhammadiyah Makassar adalah perguruan tinggi swasta lingkup Kopertis IX Sulawesi  memperoleh percikan dana hibah riset  Kemenristek Dikti tertinggi kedua setelah UMI Makassar.  Ini  menggambarkan gairah meneliti dosen Unismuh saat ini mulai tumbuh.

Rektor Unismuh Makassar,  Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM kepada  media,di Kampus Unismuh, Kamis (8/6), mengatakan, setiap perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta  diwajibkan menjalankan proses Tri Dharma Pergurua Tinggi semaksimal mungkin.

“Jadi tidak hanya dharma pengajaran yang jalan, tetapi  dua dharma lainnya yaitu peneleitian dan pengabdian masyarakat juga harus berjalan seiring dengan dharma lainnya,”tandas Rahman Rahim.

Dikatakan, Unismuh Makassar tahun ini patut bersyukur karena  dari 365 perguruan tinggi swasta lingkup Kopertis IX Sulawesi, Unismuh adalah penerima terbesar kedua dana hibah riset setelah UMI Makassar.

Meskipun demikian Unismuh masih terus menggenjot kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat terutama bagi dosen pemula yang tidak lolos mendapatkan dana hibah penelitian dari Kemenristekdikti.  Sebagai bentuk dorongan pihak kampus mereka mensupport dana penelitian tahun ini sebesar Rp2 miliar.

“Dana penelitian yang disiapkan oleh Unismuh Makassar akan terus ditambah setiap tahunnya. Peluang untukmeneliti bagi dosen sangat besar, selain dana disiapkan oleh kampus juga semakin banyak skim penelitian yang bisa dipilih,”tandasnya.

Dikatakan, Rahman Rahim, idealnya seorang dosen itu bisa melahirkan karya penelitian sebanyak dua buah per tahun. Artinya setiap semester minimlal bisa melahirakan satu karya tulis.

Artinya di Unismuh yang telah memiliki kekuatan sumber daya dosen 450 orang , sejatinya bisa melahirkan hasil penelitian sebanyak 900 buah pertahun. “Sekarang belum berajalan maksimal. Dicapai baru sekitar 30 persen dari jumlah dosen yang ada,”ujar Rahman.

Rektor berharap dengan pelatihan dan bimbingan teknik pembuatan proposal  hibah riset yang dilaksanakan PP Muhammadiyah akan  semakin banyak lagi dosen Unismuh yang meneliti.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *