Rektor Unismuh Makassar Buka Jambore XII FKMI Mapala PTM Se Indonesia

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM saat membuka Jambore XII FKMI Mapala PTM Se- Indonesia, Senin 2 September 2019

RAKYATBERSATU.COM.-Jambore XII Forum Komunikasi  dan  Media Informasi (FKMI)  Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala)  Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Se Indonesia,  yang dilaksanakan di Unismuh Makassar,  dibuka Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, Senin 2 September 2019.

Peserta Jambore XII FKMI Mapala PTM se- Indonesia dari luar Sulsel, adalah utusan dari Univeritas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Tangeran, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Mataram, STIE Muhammadiyah Jakarta,  Mapala Malang,  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,  Universitas Muhammadiyah Sorong, Universitas Muhammadiyah Palembang serta Universitas Muhammadiyah  Marauke.

Hadir  Dewan Senior Mapala Kota Makassar, Dr Erwin Akib yang juga Dekan FKIP Unismuh serta   Irwan Abdullah yang juga adalah Dewan Senior Mapala Kota Makassar.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, berharap kegiatan jamboree XII  yang dipusatkan di Kampus Unismuh Makassar  bisa memberi manfaat bagi diri sendiri, masyarakat, lingkungn  dan juga  membawa  citra baik bagi perguruan tinggi Unismuh Makassar.

Dalam acara pembukaan  Jambore XII FKMI Mapala Se Indonesia ini, Prof Rahman  juga menyapa satu persatu peserta, khususnya utusan dari luar Sulsel. Prof Rahman berharap kegiatan ini  dapat  berlangsung sukses sesuai harapan.

Rektor juga sangat tertarik dengan tema Jambore XII FKMI Mapala PTM Se- Indonesia yang mengangkat  tema lingkungan  yakni  akan melakukan penanaman mangrove dan masalah kesehatan, terkait dengan pengurangan penggunaan kantong plastik.

Dewan Senior Mapala Kota Makassar, Dr Erwin Akib dalam kesempatan tersebut mengatakan, Mapala Unismuh Makassar tujuh hari kedepan telah berumur 20 tahun.

Dia mengatakan memasuki usianya yang ke 20 tahun, Mapala Unismuh Makassar adalah yang pertama kalinya menjadi tuan rumah pelaksanaan jambore nasional tingkat PTM se Indonesia. Berharap dengan jambore ini diharapkan bisa melahirkan ide-ide cemerlang.

Sementara itu Pengurus  Pahala Unismuh, Muh. Azmi  Akramullah yang juga ketua panitia kegiatan  Jambore XII-FKMI MPTM-SI,  dalam laporannya mengatakan, kegiatan  jamboree nasional yang dilaksanakan  pada 2 – 9 September di Makassar akan dikuti oleh  seluruh UKM mahasiswa pencinta alam tingkat perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia.

Pahala Unismuh dalam kegiatan ini telah bekerjasama dengan  Mapala Perguruan Tinggi  Muhammadiyah Rayon VII  Wilayah Sulselbar dan Tenggara.

Muh. Azmi Akramullah  juga melaporkan sejumlah  agenda jamboree nasional ini, yakni sarasehan yang diikuti  ketua lembaga  Mapala tingkat PTM, rencananya dilaksanakan di  Bantimurung. Kegiatan lingkungan hidup dan budaya, yakni menanam mangrove di Sinjai, melakukan eksplorasi budaya  dan jurnalisme warga  Dusun Tompobulu dan lainnya.

Kemudian Mountaineering, yakni latihan gabungan melakukan olahraga  mendaki pegunungan, membangun WC masjid dan pembersihan sampah  di jalur pendakian dan penanaman pohon di pegunungan Tinggi Moncong, Bawakaraeng. Juga  akan melakukan caving, rock climbing dan rafting atau arung jeram di Sungai Rongkong, Kab. Luwu Utara.-nasrullah-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *