S2 Agribisnis Unismuh Fokus Pelestarian SDA Berkelanjutan

Ketua Prodi Agribisnis Program Pascasarjana Unismuh Makassar, Prof Dr Syafiuddin, M.Si,

RAKYATBERSATU.-  Program Studi Magister (S2)  Agribisnis  Pascasarjana  Unismuh Makassar adalah salah satu program andalan  Unismuh  saat ini. Program studi  agribisnis yang dibinaakan fokus kepada pengembangan agribisnis hijau, yakni  pelestarian sumber daya alam yang berkelanjutan.

Ketua Prodi Agribisnis Program Pascasarjana Unismuh Makassar, Prof Dr Syafiuddin, M.Si, mengatakan  pelestarian SDA yang berkelanjutan itu dengan sisitem tanaman tumpangsari. Sistem ini selain menghasilkan produksi yang lebih tinggi  serta dengan jumlah tanaman yang dikembangkan lebih berpariasi. Dengan sistem  inidapat melestarikan sumber daya alam secara berkelanjutan.

” Disamping itu,  prodi ini juga akan melakukan pengembangan bisnis yang berkenaan dengan pertanian organik. “Saya mengharapkan dengan pertanian organik ini memiliki pangsa pasar tersendiri,”tandasnya.

Konsultan Pertanian Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel ini,  lebih lanjut mengatakan, ada dua sub sistem kegiatan agribisnis yang dikembangkan di prodi ini, yakni agribisnis on farm, aktivitasnya terkait budidaya usaha tani.

Sementara of farm, kegiatan usahanya lebih kepada sarana prasarana, terkait dengan  prosessing pascapanen, penglahan dan pemasarannya.

Selain pada pelestarian SDA, prodi  magister Agribisnis Unismuh juga akan melakukan kajian-kajian yang berkenaan dengan penguatan kelembagaan, terutama kelembagaan usaha petani. Kelembagaan ini  yang memungkinkan  bisa memasarkan produksi  hasil pertaniannya yang lebih baik dan  kesejahteraan petani  bisa lebih meningkat.

“Jadi ada dua kajian yang akan dikembangkan di prodi agribisnis ini, yakni agribisnis hijau dan penguatan kelembagaan petani. Keduanya ini dibangun dalam rangka untuk peningkatan produksi  maupun pemasarannya,”tandas Prof Syafiuddin.

Terkait dengan pengajar di program pascasarjana agribisnis, diantaranya, Prof Dr Ide Said,  Prof Dr Ir Syafiuddin, M.Si, Prof  Dr Ir Ratnawati, M.Si, Dr Ir Muh. Syaiful Saleh, Dr Muh. Nasir MP dan mantan bupati Jeneponto, Dr Ir H Baso Tika.

Program Studi S2 Agribisnis Unismuh, yang saat ini sudah memiliki mahasiswa sebanyak 22 orang, berharap tahun ajaran 2017/2018  bisa mencapai 25 orang. Sekarang ini tetap gencar menyosialisasikan program ini, melalui penyebaran brosur-brosur dan penyampaian di media baik cetak maupun elektronik.(nasrullah/humas universitas muhammadiyah makassar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *