Sesditjen PKH Kementan RI Tinjau Kandang Pembibitan Ayam Kampung Unismuh Makassar

Sesditjen PKH Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Nasrullah, M.Si saat meninjau lokasi pembangunan kandang ayam kampung milik Unismuh Makassar di Bollangi, Gowa.-nas-

RAKYATBERSATU.COM.– Lokasi pembangunan kandang pembibitan dan pembesaran ayam kampung unggul Unismuh Makassar dibangun di atas lahan kurang lebih 13 hektar di area Pusdiklat Unismuh Makassar Bollangi, Kabupaten Gowa, Minggu 8 September 2019 ditinjau oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Sesditjen PKH) Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Nasrullah M.Si.

Alumni Sarjana Fakultas Peternakan Unhas ini, memuji kemajuan pembangunan kandang dan pembibitan ayam kampung yang sudah hampir rampung 100 persen pembangunannya. Utamanya untuk kandang pembesaran, pembibitan maupun pembangunan biosecuritynya.

Hanya saja ada beberapa bagian yang menurut Nasrullah masih perlu ditambah luasannya, khususnya untuk bangunan biosecuritynya.

Biosecurity ini merupakan pintu pertama yang harus dilewati sebelum masuk ke area pembesaran maupun pembibitan ayam.

Setiap orang yang mau masuk ke kandang wajib melewati lorong biosecurity ini, untuk memastikan yang bersangkutan tidak membawa virus atau penyakit masuk kedalam kandang.

Pengawasan yang sangat ketat ini nantinya akan diberlakukan di lokasi pembesaran dan pembibitan ayam kampung unggul Unismuh Makassar. Jika proses pemeliharaan ayam sudah berlangsung maka tidak semua orang bisa masuk kandang.

“Jika ada yang ingin melihat perkembangan ayam yang ada di dalam kandang, bisa dilihat lewat layar monitor yang dipasang di luar area kandang. Dan kalaupun ada yang bisa masuk ke kandang orangnya dibatasi dan dipastikan bersangkutan sudah steril ,”ujar Kaswadi yang juga penanggunjawab bisnis ayam kampung unggul Unismuh Makassar.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, yang dikonfirmasi terkait pembangunan kandang pembesaran maupun pembibitan ayam kampung unggul Unismuh Makassar di Bollangi, Gowa, menargetkan paling lambat akhir September tahun ini sudah rampung pembangunannya.

Jika sudah rampung pembangunan kandangnya baru akan dimasukkan ayamnya. Dan untuk tahap pertama jumlahnya sekitar 30 ribu ekor ayam kampung.

Dala peninjauan ini Sesditjen PKH Kementerian Pertanian, Dr Ir Nasrullah, M.Si didampingi Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, Direktur PT Surya Pangan Indonesia (SPI) Unismuh Makassar, Dr Idham Khalid, Direktur Keuangan PT SPI, Dr Agussalim HR, Kepala Pusdiklat Unismuh, Zulkifli, SH dan sejumlah pengusaha lokal.(nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *