Sosialisasi SAPTO PT Muhammadiyah se-Sulsel

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Unismuh Makassar, DR H Lukman Hakim.—–nasrullah–

RAKYATBERSATU.- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, menjadi tuan rumah sosialisasi dan pelatihan  SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Sulsel, pada 21-21 Mei 2017 di Kampus Unismuh Makassar.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Unismuh Makassar, Dr  H Lukman Hakim,  mengatakan, dalam acara pelatihan  SAPTO akan menghadirkan diantaranya  Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof Dr Ir SM Widyastuti, M.Sc.

Peserta yang akan diundang hadir dalam pelatihan ini, adalah  para ketua-ketua prodi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Sulsel, ketua lembaga penjaminan mutu Unismuh se Sulsel. Peserta diperkirakan kurang lebih 80 orang.

Dikatakan, tujuan dari pelatihan SAPTO adalah  untuk mensosialisasikan  sistem akreditasi perguruan tinggi  yang berbasis online, mulai dari prodi hingga institusi.

“SAPTO ini adalah sistem baru dari BAN_PT, yang sudah mulai berlaku April 2017. Prodi dan Perguruan Tinggi sudah harus menggunakan SAPTO  yang berbasis PDPT,”tandas Lukman.

Dengan sistem SAPTO,  Lukman mengatakan, lebih efisien dibandingkan dengan sistem manual yang selama ini digunakan.   Dalam penggunaan SAPTO, waktu lebih efisien dan lebih tersistem  dengan bagus antara perguruan tinggi dengan BAN-PT.

Sistem ini juga dalam penggunaannya lanjut Lukman,  sangat hati-hati terutama didalam mengisi tiap item yang ada dalam instrumen SAPTO. Karena semua data  borang dalam SAPTO harus berbasis data PDPT, sehingga akan terjadi link informasi antara Perguruan Tinggi, BAN-PT dan PDPT DIKTI.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *