STIKPER Gunung Sari Eksis Selenggarakan Pendidikan Keperawatan

Dr Pius Nalang, M.Kes (ist)

MAKASSAR- Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIKPER) Gunung Sari Makassar, sejak diterbitkannya surat keputusan (SK) dari Menteri Pendidikan RI No.171/D/0/2005 sampai sekarang ini tetap eksis menyelenggarakan pendidikan khusus keperawatan.

Stikper Gunung Sari telah membina tiga program studi, yakni Prodi D3 Keperawatan, Prodi S1 Keperawatan dan Prodi Ners. Ketiga prodi tersebut sudah terakreditasi oleh BAN-PT dan terakreditasi institusi. Sejak terbitnya surat keputusan tersebut, maka saat ini Stikper Gunung Sari telah meluluskan kurang lebih 3.406 orang.

Ketua Stikper Gunung Sari Makasar, Dr Pius Nalang, M.Kes, kepada media, Sabtu (3/6), mengatakan, dari tiga ribuan alumni yang sudah dihasilkan Stikper Gunung Sari, telah tersebar keseluruh pelosok tanah air, terutama di kawasan timur Indonesia, seperti NTT, NTB, Maluku, Kendari, Papua, Sulbar dan Sulsel.

Berdasarkan hasil pelacakan alumni yang disampaikan Pius Nalang yang juga adalah ketua umum KKB-NTT, berdasarkan hasil laporan yang diperoleh dari kabupaten asal mahasiswa Stikper Gunung Sari Makassar, bahwa alumninya ditemukan, telah bekerja sebagai PNS, pegawai swasta dan lainnya lanjut studi di perguruan tinggi.

Disebutkan untuk prodi D3 Keperawatan, yang jadi PNS sebanyak 774 orang, swasta 254 orang dan lanjut studi 150 orang. Sedangkan untuk prodi S1 Keperawatan yang jadi PNS sebanyak 111 orang, swasta249 orang, dan lanjut studi ke perguruan tinggi 1210. Sementara dari prodi Ners yang jadi PNS sebanyak 1300 orang, swasta 78 orang dan lanjut stusi perguruan tinggi 5 orang.

Tentang Stikper Gunung Sari sebut Pius Nalang, bahwa sejak mendapatkan izin operasional dari kementerian pendidikan RI tahun 2005 sampai sekarang, kampus ini sangat kondusif dan tidak pernah bermasalah. Karenanya dalam setiap penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan setiap tahunnya Stikper Gunung Sari masih tetap dipercaya oleh masyarakat, sehingga target capaian penerimaan maba selalu tercapai.

“Masyarakat yang ingin membuktikan kalau Stikper Gunung Sari tetap eksis menyelenggarakan pendidikan khusus keperawatan disilahkan ke kampus sekaligus bisa melihat proses perkuliahan yang sedang berlangsung dan juga bisa melihat seluruh fasilitas yang dimilikinya sebagai penunjang dalam kelancaran proses belajar mengajar di kampus. Termasuk fasilitas laboratorium yang tersedia, diantaranya, laboratorium KDM, laboratorum KMB, laboratorium Keperawatan Anak, laboratorium Gerontik, dan laboratorium kumunitas dan ditambah dengan fasilitas penunjang lainnya, ”tandas Pius Nalang.

Tahun ini Stikper Gunung Sari Makassar, menerima mahasiswa dengan jumlah yang terbatas, ini tidak lain demi untuk menjaga kualitas lulusan. Juga disesuikan dengan kebutuhan ruangan yang tersedia. Untuk Prodi D3 Keperawatan hanya menerima 120 orang, S1 Keperawatan sebanyak 120 orang dan prodis Ners sebanyak 120 orang.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *