STIP-AP Medan Ekspansi Pasar ke Timur Indonesia

Suasana di Stand STIP-AP Medan yang ikut ambil bagia pada Sulawesi Education & Techno Expo 2017, Selasa (14/2/2017), di Makassar.

rakyatbersatu.com,Makassar- Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian-Agribisnis Perkebunan (STIP-AP)  Medan mulai tahun 2017 melakukan ekspansi pasar ke Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan ikut jadi peserta Pameran Pendidikan Tinggi   digelar Kopertis Wilayah IX Sulawesi bertajuk, Sulawesi Education & Techno Expo 2017, Selasa (14/2/2017), di Makassar.

Ketua Promosi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian-Agribisnis Perkebunan (STIP-AP)  Medan, Hari Gunawan kepada media di Makassar, Selasa (14/2/2017) menjelaskan, kebijakan menjaring mahasiswa baru di wilayah timur ini, tidak terlepas dari daya serap alumni,  banyak di antaranya bekerja pada perkebunan besar di Papua, Sulawesi dan Kalimantan. Kenyataan itu sehingga kampus lebih didekatkan kepada peminat yang tinggal di Timur Nusantara ini, tegas Hari.

Kenyataan menunjukkan, hari pertama pameran usai seremoni pembukaan dilakukan Gubernur Provinsi Sulsel, Syahrul Yasin Limpo didampingi Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih, MP, peminat terutama dari kalangan siswa luar biasa membludak sehingga pihak panitia kewalahan melayani, ungkap mahasiswa S2 Prodi Ilmu Pertanian Universitas Sumatera Utara ini.

Para siswa yang segera memasuki perguruan tinggi itu sangat antusias bertanya dan meminta formulir dari kampus  pendidikan tinggi vokasi program Diploma IV, Sekolah  Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) Medan, yang  telah menghasilkan sarjana terapan bidang agrobisnis perkebunan kelapa sawit dan karet setara program S1, tandas Hari.

Kampus mulai beroperasi sejak 2005 mengelola dua prodi yakni,  Budidaya Perkebunan (BDP), menyiapkan lulusan menjadi ahli dalam pengelolaan budidaya tanaman perkebunan, kelapa sawit dan karet. Lulusan prodi ini adalah menjadi asisten kebun kelapa sawit dan karet.

Prodi kedua, Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) menyiapkan lulusannya menjadi ahli dalam pengelolaan proses pengolahan kepala sawit dan karet. Lulusan prodi ini sebagai asisten pengolahan kepala sawit dan karet, tandasnya.

Pameran P0endidikan Tinggi ke-9 ini berlangsung 14-16 Pebruari 2017, di Kota Metropolitan Makassar diikuti peserta kampus selain dari Sumatera ada juga  dari Jawa, Kalimantan dan wilayah kerja Kopertis IX Sulawesi, ungkapnya

Pada hari pertama pameran stand kampus sempat dikunjungi oleh  Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr.Ir Andi Niartiningsih, MP, Sekpel Kopertis IX Sulawesi, Dr.Hawignyo, MM, Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi Kopertis IX , Drs Andi Lukman, M.Si, Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Ketenagaan, Ichsan K. Faraby, S.Sos, M.Si. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *