Tim PKM UNM Latih Warga Desa Bonto Tiro Perbaiki Alat Rumah Tangga Bertenaga Listrik

Suasana pembukaan Pengabdian Masyarakat Terpadu di Bantaeng (ist)

RAKYATBERSATU.COM.– Warga Desa Bonto Tiro Kabupaten Bantaeng mendapat ilmu pengetahuan dan keterampilan praktis dari dosen jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar melalui progam kegiatan kemitraan (PKM) tahun 2019.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk Perbaikan Alat-Alat Rumah Tangga Listrik di Desa Bonto Tiro Kabupaten Bantaeng ini dipimpin langsung ketua pelaksana Muliadi, S. Pd., M.T dan anggota Dyah Darma Andayani, S. T., M. Tel. Eng.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada warga masyarakat sehingga mampu dan terampil dalam memperbaiki alat-alat rumah tangga listrik, seperti setrika, dispenser, rice cooker, blender dan kipas angin,” ungkap Muliadi kepada media, Sabtu 28 September 2019.

Menurut Muliadi, minat warga desa Bonto Tiro mendapatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kelistrikan ini cukup tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari antusiasnya warga mengikuti kegiatan ini.

Peserta pelatihan sangat antusias menerima materi cara memperbaiki rice cooker (ist)

“Ada yang berbeda pada pelaksanaan pelatihan ini, tim PKM memanfaatkan media social yakni channel youtube dalam memberi bimbingan sehingga masyarakat masih bisa mendapatkan pembimbingan secara berkelanjutan,” ungkap Muliadi.

Muliadi berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, selain sangat bermanfaat bagi warga desa juga menjadi bagian dari upaya perguruan tinggi membantu warga desa mendapat pengetahuan dan keterampillan praktis yang bermanfaat bagi keluarganya.

Sementara itu, Kepala Desa Bonto Tiro, Arman mengatakan peserta yang ikut dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah warga masyarakat dan pemuda Desa Bonto Tiro yang tertarik memilik pengetahuan praktis kelistrikan.

“ Kegiatan ini sangat membantu warga kami. Mereka tidak perlu lagi ke tukang servis karena sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan listrik, “ ungkap Arman.

Sebagai kepala desa Bonto Tiro, Arman berharap LP2M UNM dapat kembali lagi ke desanya memberi pelatihan keterampilan lain sehingga dapat membantu warganya meningkatkan ekonomi keluarga.

“Harapan kami semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun di desa kami,” tandas Arman. (wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *