ToT Kapasitas Kedamaian Guru untuk Mencegah Kekerasan di Sekolah

RAKYATBERSATU.COM.- “Orang melakukan tindak kekerasan akibat konstruksi pikiran yang tidak damai,” demikian disampaikan Sahril Buchori, S.Pd, M.Pd di hadapan guru-guru peserta Training of Trainer (ToT) Panduan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Kedamaian Guru, yang diadakan di Perpustakaan SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Makassar, Sabtu, 15 Februari 2020.

Sebagai fasilitator, Sahril Buchori hadir bersama Suciani Latif, S.Pd, M.Pd dan Ahmad Kharum, S.Pd, M.Pd untuk memperkuat kapasitas guru-guru agar memiliki skill yang memadai guna menciptakan iklim kelas yang penuh kedamaian. Iklim kelas yang demikian, bisa menjadi bagian dari upaya pencegahan tindak kekerasan di sekolah.

Menurut Sahril, sejauh ini pelaksanaan kapasitas kedamaian itu sudah dilakukan namun belum berjalan secara maksimal. Karena itu, output dari pelatihan yakni guru akan menerapkan materi dan konsepsi yang sudah diterima selama sehari ini sehingga mereka nanti mampu menciptakan pedagogi kedamaian di kelas.

“Kuncinya, iklim kelas yang damai hanya bisa tercipta dari pedagogi kedamaian,” pesannya.

ToT ini dilaksanakan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Peserta terdiri dari guru-guru yang berasal dari SD Negeri Borong, SD Inpres Borong dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Faridah Iriyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *