Unismuh Beri Penghargaan JK: Ini Jawan Rektor

Rektor Unismuh Makassar Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM, dampingi Wapres JK dalam kunjungan ke Unismuh Makassar beberapa waktu lalu. (humas unismuh)

RAKYATBERSATU- Milad ke 54 dan wisuda sarjana dan pascasarjana ke 62 Unismuh Makassar yang akan digelar Senin 24 Juli yang akan datang, menjadi momentum  bersejarah bagi perjalanan  Unismuh ke depan menuju perguruan tinggi Islam yang unggul, terpercaya dan mandiri.

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Raman Rahim, kepada media mengatakan, memperingati milad ke 54 Unismuh tahun ini telah dirancang berbeda dengan pelaksanaan milad-milad sebelumnya. Cukup banyak kegiatan yang akan dilaksanakan. Sedikitnya ada 15 item kegiatan dalam menyemarakkan milad tahun ini.

Kegiatannya antara lain, seminar nasional, temu alumni nasional dan gerak jalan santai dan puluhan lomba lainnya.Khusus untuk kegiatan gerak jalan sehat yang akan dilaksanakan 22 Juli mendatang, diprakirakan akan dihadiri puluhan ribu orang. Tidak hanya civitas akademika tetapi juga keluarga besar Muhammadiyah dan masyarakat umum, khususnya warga yang ada disekitar kampus Unismuh Talasalapang.

Dan moment yang paling berarti sepanjang  perjalanan Unismuh di acara milad dan wisuda tahun  ini, kata Rahman adalah kehadiran bapak  Wakil Presiden RI  HM Jusuf Kalla di Kampus tercinta Unismuh Makassar.

  Menurut rektor, kehadiran orang nomor 02 di negeri kita ini di acara puncak milad ke 54 Unismuh dan wisuda sarjana ini adalah momentum yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Unismuh Makassar. “Alhamdulillah Pak JK sudah janji akan datang menghadiri acara Unismuh hari ini,”ucap rektor

Kedatangan pak JK diacara milad ke 54 adalah kunjungan yang ke 6 kalinya di Unismuh. Baik ketika pak JK masih sebagai pengusaha hingga saat ini. Ini artinya, kata rektor, bahwa  pak JK  memang sudah sejak lama memiliki perhatian dan kepudulian  yang sangat tinggi terhadap perkembangan unismuh dari waktu ke waktu.

 Lebih jauh rektor Rahman Rahim mengatakan, perhatian pak JK kepada Unismuh terasa sejak era tahun 70-an. Pak JK di era itu menjadi dewan penyantun Unismuh dan ketika itu pak Jusuf Kalla masih sebagai pengusaha. “Bayangkan di era itu, pak JK sudah mulai mendarmabaktikan dirinya untuk kemajuan dan perkembangan Unismuh,”tandasnya.

Pengabdian lainnya di era 2000-an yang juga sulit dilupakan oleh Unismuh adalah penyelesaian pembangunan gedung iqra berlantai 18. Saat Unismuh mengalami kesulitan pendanaan untuk melanjutkan pembangunan gedung Iqra, pak JK bisa memberikan solusinya, sehingga gedung igra berlantai 18 ini bisa diselesaikan.

Rektor Rahman Rahim menceritakan, ketika pembangunan gedung Iqra dibangun, baru sampai  penyelesaian lantai tiga, Unismuh sepertinya sudah tidak mampu lagi melanjutkannya, namun  pak JK  bisa memberikan solusinya. Kepada rektor, Rahman Rahim saat itu masih  menjabat warek , pak JK meminta untuk mencari bank yang mau memberi pinjaman dan pak JK siap menjadi jaminannya di bank tersebut asal pembangunan gedung Iqra Unismuh bisa diselesaikan.

 “Alhamdulillha atas solusi yang diberikan JK serta kemauannya yang tulus menjaminkan dirinya di bank tempat Unismuh meminjam uang, akhirnya gedung Iqra bisa selesai pembangunannya dan sekarang ini kita lihat sudah berdiri megah dan ini menjadi icon Unismuh saat ini,”sebut rektor.

Sungguh banyak bantuan yang diberikan JK kepada Unismuh, tidah hanya motivasi tetapi dukungan finansial pun sungguh sangar besar jumlahnya. Sekarang ini Unismuh sudah menjadi magnet bagi masyarakat. 

Dari sini lahirlah ide-ide dari pemimpin universitas  untuk membuat aktivitas sehingga lebih dikenal di masyarakat. Contoh Unismuh berhasil mendirikan fakultas kedokteran. Dengan adanya fakultas kedokteran, Unismuh menjadi lebih dikenal. Sebagai gambaran Unismuh  memiliki jumlah mahasiswa 25 ribu orang lebih.

Tidak hanya itu manajemen kampus saat ini juga sudah dikelola secara profesional. Kemajuan yang dicapai ini sangat berkorelasi dengan jumlah mahasiswa yang mendaftar setiap tahunnya yang semakin bertambah. “Ini terasa dalam 10 tahun terakhir ini,”ujar Rahman.

Bagi Unismuh, lanjut rektor, pak JK  adalah sumber inspirasi di dalam memajukan  perguruan tinggi Islam khususnya Unismuh Makassar didalam memadukan unsur ekonomi dan unsur pemasarannya. “Inilah alasan mengapa Unismuh Makassar memberikan penganugerahan penghargaan kepada pak JK diacara puncak Milad ke 54 Unismuh Makassar,”tandas Rahman Rahim.

Rahman juga mengakui sosok pak JK adalah sebagai keluarga  Muhammadiyah yang dididik oleh seorang aisyiyah sehingga kehidupannya selalu diwarnai oleh aktivitas ibadah didalam rangka mencapai ridho Allah.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *