Unismuh Loloskan 7 Proposal PKM ke Dikti, Begini Respon Rektor

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim (kedua kiri), bersama Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr H Jasruddin (kiri) dalam suatu acara di Unismuh Makassar belum lama ini. (foto: nasrullah)

RAKYATBERSATU.COM.–  Universitas Muhammadiyah Makassar meloloskan 7 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia .

Program ini adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Kemenristekdikti RI dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Program ini merupakan penerus dari program karya alternative mahasiswa yang dibentuk tahun 1997, berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, kepada media merasa sangat bersyukur sekaligus mengucapkan Alhamdulillah, karena dalam program PKM Dikti tahun ini, Unismuh Makassar meloloskan 7 judul PKM.

Rahman Rahim juga merasa bangga atas prestasi yang dicapai mahasiswa Unismuh dalam program karya kreativitas mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti RI. “Mudah-mudahan dalam kesempatan berikutnya Unismuh Makassa lebih banyak lagi meloloskan mahasiswanya,”harap Rahman Rahim.

Dari tujuh judul proposal PKM Unismuh Makassar yang lolos adalah, pertama, “Minion (Miniatur Layar Pinisi Lontara) Oleh-oleh Khas Butta Anging Mammiri Berbasis Akulturasi Budaya Sulsel,” dengan jenis PKMK. Kedua, “Dokter Komedi ( Dongen Pendidikan Karakter dan Komik Edukasi Islami): Metode e-Learning Pencegahan Pergaulan Bebas Sejak Dini bagi Anak-anak di Sekitar Tempat Hiburan Malam di Kota Makassar,”dengan jenis PKMM.

Ketiga, “Uji Efektivitas Larva Lebah Madu (Gallenia Mellonella) Terhadap Polimer Polietilena dalam Upaya Degradasi Limbah Plastik,” dengan jenis PKMPE. Keempat, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, appliying, Cooperating, Transfering (REACT) pada Siswa Kelas X SMA I Maros dalam Membentuk Generasi Unggul dan Berkarakter,” dengan jenis PKMPSH.

Kelima, “Analisis Dampak Kedatangan Transmigrasi Terhadap Kondisi Sosial (Budaya) Pendudukan Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan,” dengan jenis PKMPSH. Keenam, “Selisik Makna Pamali dalam Kehidupan Masyarakat Kajang Kabupaten Bulukumba Melalui Kajian Semiotika Sosial Haliday,” dengan jenis PKMPSH. Ketujuh, “Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Menyimak Dongen Siswa Kelas II SDN 280 Ongkoe Kabupaten Wajo,”. –nasrullah-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *