Unismuh Makassar Loloskan 86 Judul Penelitian

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim,SE,MM dengan Ketua LP3M Unismuh Makassar, Dr Ir H Abubakar Idham di lantai 17 Kampus Unismuh Makassar.foto nasrullah

RAKYATBERSATU.COM.-Tri Dharma PerguruanTinggi, yakniPengajaran, Penelitiandan Pengabdian Masyarakat, sudah menjadi kewajiban bagi setiap perguruan tinggi untuk melaksanakannya. Sayangnya dharma penelitian dan pengabdian masyarakat masih sangat kurang diminati oleh para dosen saat ini.

Dalam era kepemimpinan RektorDr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, dua dharma yang selama ini kurang mendapat perhatian bagi dosen, mulai dibangkitkan, dengan terus menerus mendorong dengan memberikan motivasi agar dosen dapat bergairah melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sebagai upaya dalam mendorong dosen bergairah menelitia maka Unismuh Makassar banyak mengikutkan dosen mengikuti kegiatan pelatihan atau workshop, baik itu yang dilakukan Unismuh maupun Kopertis. Tidak hanya itu, Unismuh juga menyiapkan anggaran penelitian dan pengabdian dengan jumlah yang tidak sedikit. Semua ini dilakukan agar dosen lebih termotivasi melakukan kegiatan riset.

Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar, DrIr H Abubakar Idham, mengatakan, jumlah dosen yang mengikuti penelitian dan pengabdian masyarakat, untuk saat ini sudah mulai menggembirakan.

Dosen Unismuh yang mengusulkan judul penelitian sebanyak 149 judul, namun yang diterima baru 86 judul. Sementara kegaitan pengabdian masyarakat yang diusulkan 72 judul namun yang diterima baru 7 judul. “Meskipun yang diterima belum mencapai target tetapi respon dosen untuk melakukan penelitian sudah sungguh luar biasa,”ujar Abubakar Idham.

Per Januari 2018, jumlah judul penelitianyan diterima Kementerian Ristekdikti RI, sebanyak 86 judul dari target 125 judul. Sementara pengabdian masyarakat sebanyak 7 judul.

Meskipun Unismuh belum sampai mencapai seperti yang ditargetkan, namun Unismuh Makassar masih yang terbanyak diterima penelitiannya di Kementerian Ristekdikti untuk lingkup Kopertis IX Sulawesi.

Adapun 86 judul penelitian yang diterima, terbanyak dari FKIP (35 judul), Pertanian (21 judul), Sospol (12 judul), FEB ( 8 judul) dan Kedokteran (2 judul). Sementara untuk pengabdian, Pertanian (4 judul), FKIP ( 1 judul), Sospol ( 1 judul) danTeknik (1 judul).

Dari dosen yang lolos penelitian, 55 judul adalah dosen pemula, penelitian disertasi doctor 11 judul, penelitian dasar unggulan perguruan tinggi 5 judul, penelitian terapan unggulan perguruan tinggi 4 judul, penelitian terapan kompetensi nasional 4 judul, penelitian kompetensi perguruan tinggi 3 judul, dan penelitian stranas sebanyak 6 judul.

“Dari peringkatan penilitian yang paling tajam peningktannya adalah penelitian unggulan. Tahun sebelumnya hanya 3 judul sekarang ini sudah sampai 9 judul,”ujar Abubakar Idham.

Sementaraitu, pengabdian masyarakat yang turun yang diterima tidak sampai 10 persen dari total yang diusulkan sebanyak 72 judul. “Unismuh berharap tahun depan 2019, Unismuh menargetkan judul penelitian yang diterima bias mencapai 150 judul,” harap Abubakar.(rbc/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *