Unismuh Makassar Pertama Laksanakan Pelatihan SAPTO

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM saat memberikan pengarahan pada acara pembukaan pelatihan SAPTO, di Aula Fakultas Kedokteran Unismuh, Ahad (21/5). Tampak Prof Dr Lincolin Arsyad, Prof Dr Ir SM Widyastuti, M.Sc dan Prof Dr Irwan Akib, M.Pd — nasrullah

RAKYATBERSATU.-  Universitas Muhammadiyah Makassar  telah bergerak cepat menyonggong persaingan global saat ini. Unismuh  perguruan tinggi swasta pertama lingkup Kopertis IX yang melakukan kerjasama dengan BAN-PT dan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah  dalam pelaksanaan pelatihan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On Line (SAPTO).

Pelaksanaan pelatihan SAPTO  Unismuh Makassar, dilaksanakan selama dua hari di mulai Ahad (21/5) di Aula Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar. Pelatihan  yang diikuti 40 orang lebih selain dari Unismuh Makassar juga melibatkan PTM se Sulsel dan sekitarnya, seperti Unismuh Kendari, Unismuh Palu dan Unismuh Gorontalo.

Acara ini dibuka Ketua Umum Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof Dr Lincolin Arsyad. Pemateri  Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof Dr  Ir Siti Muslimah Widyastuti, M.Sc bersama tim SAPTO BAN-PT.

Hadir  Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM dan juga Wakil Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah, Prof Dr H Irwan Akib, M.Pd yang juga mantan rektor Unismuh,  Wakil Rektor I Ir Rahim Nanda, Wakil Rektor II Dr Andi Sukri Samsuri,  Direktur Pacasarjana Prof Ide Said, seluruh dekan dan ka. Prodi,  serta para direktur dan lembaga se Unismuh Makassar .

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan pelatihan SAPTO yang dilaksanakan. Rektor berharap peserta mengikuti pelatihan dengan serius. Berharap setelah pelatihan SAPTO, penyusunan borang tidak lagi dilakukan secara manual tetapi sudah dengan sistem online.

Rektor juga berharap dengan sistem SAPTO, akreditasi B dan C yang selama ini  diperoleh dengan penerapan sistem SAPTO  ini peringkatnya bisa lebih meningkat, “Kalau bisa dari C, melompat jadi A. Untuk bisa mencapai akreditasi institusi A di tahun 2019, maka harus didukung oleh 12 prodi yang ada terakreditasi A,”tandas Rahman.

Sementara itu, Prof Dr  Ir SM Widyastuti, M.Sc, mengatakan, dengan berubahnya  sistem manual  menjadi sisten online di BAN-PT, maka sekarang ini sedang gencara dilakukan sosialisasi  ke seluruh perguruan tinggi yang bisa dijangkau oleh BAN-PT, termasuk kali ini di Unismuh Makassar.

Di sejumlah perguruan tinggi di Pulau Jawa sudah banyak dilakukan dan sekarang ini di Unismuh Makassar. Ini juga mengantisipasi batas waktu pemasukan borang ke BAN-PT per 31 Maret, yang bisa melayani sampai jam  pukul 24.00 Wita. “Tapi dengan sistem SAPTO, lebih efektif dan lebih efisien. Sekarang ini BAN-PT memliki 50 tim yang turun melakukan sosialisasi SAPTO,”ujar Ketua Majelis Dikti Litbang PP Aisyiyah.

Prof Lincolin Arsyad, ketika membuka acara pelatihan SAPTO, mengatakan, sekarang ini sudah cukup banyak PTM dikawasan barat yang sudah melaksanakan pelatihan SAPTO dan di Kawasan Timur Indonesia ini Unismuh Makassar yang pertama melaksanakannya.
Dikatakan esensi dari pelatihan ini selain untuk menambah pengetahuan dibidang IT, juga membangun silaturahim dengan PTM  dalam rangka untuk memperkuat kerjasama pengembangan PTM ke depan.

“Kedepan kita ingin PTM fokus berbicara peningkatan kualitas, sesuai yang dicita-citakan PTM seluruh Indonesia, menjadi PTM yang unggul, bergdaya saing serta berkemajuan.
Makanya, menurut Prof Lincolin,  perlu ada tatakelola yang baik dan ini tercermin di dalam SPMI. Kita ingin budayakan  kualitas di PTM seluruh Indonesia. Tidak ingin PTM  5- 10 tahun kedepan hanya menjadi pelengkap perguruan tinggi yang ada di Indonesia,”harapnya.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *