Aplikasi Teknologi dan Formulasi Pakan Sapi Potong di Pinrang

Prof Dr Ir Jasmal A Syamsu sedang memberikan pelatihan aplikasi teknologi dan forumulasi pakan sapi potong dengan memanfaatkan limba jerami padi di Kabupaten Pinrang. (ist)

RAKYATBERSATU.-  Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Hasanuddin (LPPM Unhas),  melaksanakan aplikasi  pengolahan pakan untuk sapi potong  sebagai salah satu  kegiatan Ipteks bagi wilayah di Kabupaten Pinrang beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan kegiatan sebagai solusi  berbagai masalah terkait  penyedian pakan sapi potong. Ketua Tim  Prof DR Jasmal A. Syamsu mengatakan bahwa  saat ini, petani peternak sapi potong  masih  kurang  memanfaatkan limbah  tanaman  pangan  sebagai pakan.

Penyebabnya adalah umumnya  petani membakar  limbah jerami padi karena secepatnya akan dilakukan  pengolahan tanah untuk  penanaman kembali khususnya  pada lahan sawah beririgasi (intensif)  dengan pola tanam lebih dari  sekali dalam setahun.

Hal ini tentu, menurut Prof Jasmal  akan menyulitkan peternak  untuk mengangkut dalam jumlah yang banyak  untuk diberikan kepada ternak. Masalah lainnya, tidak tersedianya tempat yang cukup untuk penyimpanan limbah  tanaman pangan.

Untuk penyediaan pakan sapi potong dilakukan aplikasi teknologi  pengolahan  jerami padi  sebagai pakan dan teknik formulasi  ransum, diikuti  oleh peternak sapi potong. Acara ini dihadiri  oleh Kepala Bidang Produksi  Peternakan Dinas Peternakan  dan Perkebunan  Kabupaten Pinrang Ir Ilyas M.Sc,  dan Kepala  Seksi Kahar, S.Pt.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *