Unasman Polman Membina Perkampungan Tenun di Polman

Tim Universitas Alasyariah Mandar (Unasman) Polman melaksanakan observasi intensif di Desa Tamangalle Kec. Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, Selasa, (9/5/2017).

 

RAKYATBERSATU.- Sebagai langkah awal sesuai standar operasional program desa binaan, kampus Universitas Alasyariah Mandar (Unasman) Polman  melaksanakan observasi intensif di Desa Tamangalle Kec. Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, Selasa, (9/5/2017).  Program ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pertemuan awal dengan Kepala Desa Tamangalle,  dilaksanakan  2 Mei 2017 di kampus Unasman.

Kegiatan observasi  g dilakukan  perwakilan 12 Jurusan dan unsur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unasman. Selama  kegiatannya didampingi kepala desa, kepala dusun serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama di desa Tamangalle.

Selain mengobservasi data demografi desa, juga dilakukan pendataan situs-situs sejarah, UMKM, potensi wisata, kegiatan pertanian dan peternakan, sosio religi, serta keadaan lingkungan dan dilanjutkan dengan kegiatan pembahasan dalam kegiatan Focus Group Discussion.

Kegiatan  melibatkan 40 orang ini, pada dasarnya selain kondisi desa  bersifat umum, tentunya ada hal yang lebih fokus  diobservasi yaitu potensial program perkampungan tenun yang menjadi salah satu program unggulan desa Tamangalle yang saat ini masih dalam tahap desain.

“Program Kampung Tenun akan menjadi ikon bagi Kabupaten Polewali Mandar secara khusus dan Sulawesi Barat umumnya, karena selain sebagai cagar budaya Mandar, di dalam nya akan diintegrasikan dengan wisata budaya” kata Husain selaku kepala desa saat menyambut tim observasi Unasman di Aula Desa Tamangalle.

“Program unggulan di bidang pengabdian masyarakat ini merupakan komitmen Unasman dalam memaksimalkan kinerja di bidang pengabdian masyarakat, setelah sukses menjalin kemitraan dengan 36 desa mitra sebelumnya” Tandas Rektor Unasman, Dra. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 10 Mei 2017.

Kandidat Doktor Sosialisasi dari UNM ini melanjutkan  bahwa program Desa Binaan berbeda dengan program desa mitra, dimana pada program desa binaan akan kita fokuskan untuk mengerjakan program unggulan desa sesuai visi misi desa  menuju desa sejahtera dan mandiri, sebagaimana yang saat ini telah berjalan di Desa Pappandangan, Kecamatan Anreapi dan Desa Mirring Kecamatan Binuang sebagai desa binaan Unasman yang mulai berjalan sejak 2016. (basri/yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *