Inilah Menu Buka Puasa Ramadhan di Pasar Terong Makassar

Laporan : Nur Hasmah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Makassar

RAKYATBERSATU.COM.– Puasa pertama bulan Ramadan 1440 Hijriah dimulai pada Senin (6/5/2019). Seluruh umat muslim menyambutnya dengan penuh kebahagiaan.

Para pedagang kue memanfaatkan kesempatan ini dengan berjualan berbagai aneka macam kue untuk buka puasa (pappabuka).

Mereka berjualan di depan Masjid Raudhatul Muflihien, Pasang Terong Makassar Senin sore (6/5/19) terlihat ramai.

Mereka berjualan di sekililing masjid. Beraneka macam kue yang disiapkan. Mulai dari barongko, jalangkote, panada, pisang ijo, brownis, cantik manis, risoles, es doger, pawa, dadar.

“Banyak macam kue disini yang saya jual, ada barongko, jalangkote, panada, pisang ijo, brownis, cantik manis, risoles, es doger, pawa, dadar,” ujar Dahlia salah seorang pedagang kue .

Mulai hari pertama puasa sampai hari Raya Idul Fitri nantinya mereka menempati halaman masjid tersebut untuk berjualan.

Harga tiap kue berbeda-beda tetapi masih dapat terjangkau mulai dari 1.000 – 5.000 rupiah.

“Lama ma’ disini saya menjual, dari tahun 2014 sampai sekarang. Harganya juga berbeda-beda tiap kue. Mulai dari Rp 1.000 – Rp. 5.000. Mungkin sampai lebaran nanti masih disinika’ menjual,” tambahnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dagangan mereka selalu laris manis. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengunjung yang membeli bahkan ada yang memborong beberapa aneka jenis kue. Selain itu, ada juga yang berdagang es buah serta lauk pauk.

“Alhamdulillah selalu ramai, tidak berubah pembeli dari tahun-tahun laluji begini. Rata-rata mereka beli ta’ banyak. Bukan Cuma saya saja yang jual kue, tapi ada juga jual es buah sama makanan untuk pappabuka nanti,” tutupnya.

Dahlia pun berharap, jikalau dagangannya akan laris hingga menjelang Idul Fitri.

“Meski banyak saingan, namun ia tetap semangat untuk berjualan. Karena baginya rezeki sudah ada yang mengatur,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *