MPM PWM Sulsel Pelopori Sedekah Sampah

RAKYATBERSATU.COM.– Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel bekerjasama dengan Majelis Lingkungan Hidup telah mempelopori program gerakan sedekah sampah di kalangan Persyarikatan Muhammadiyah Sulsel.

Sejak program sedekah sampah ini diwacanakan, sudah mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat, tidak hanya dari warga Muhammadiyah, tetapi juga masyarakat umum. Sudah banyak warga yang saat ini menanyakan kapan sedekah sampah ini mulai di launching.

Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, A. Yudha Yunus, mengakui program sedekah sampah atau barang bekas tapi masih layak pakai ini yang digagas oleh MPM bersama MLH itu direspon posisitif oleh warga Muhammadiyah.

Teknisnya, barang bekas seperti TV, kulkas, mesin cuci, computer, printer, rice box, kipas angin dan hand phone serta barang elektornik lainnya yang disedekahkan ke MPM itu akan diperbaiki oleh tenaga mekanik yang dipekerjakan. “Kalau ada barang yang mau disedekahkan bisa di jemput atau diantar langsung di bengkel sedekah sampah,”tandas A. Yudha Yunus.

Dan ketika barang ini sudah selesai diperbaiki, akan di simpan di sebuah tempat yang disiapkan. Namun jika ada yang berminat membeli barang tersebut itu bisa, ketika sudah ada kesepakatan harga antara pembeli dengan penanggungjawab barang bekas tersebut). Atau dengan disedekahkan kea mal-amal usaha Muhammadiyah yang membutuhkan barang tersebut .

Indra Mini yang juga penanggungjawab sedekah sampah ini, mengatakan, dia sudah sering menerima telepon dari teman-teman warga Muhammadiyah, kalau mereka memiliki barang bekas seperti lemari es, kipas angin, radio, Hp, televisi dan lainnya tersimpan di rumah namun masih layak pakai.

Lanjut Indra Mini, bahwa ada juga teman memiliki barang bekas dengan kondisi barangnya hanya rusak sedikit, mereka ingin sedekahkan ke MPM untuk diperbaiki, berharap barang yang disedekahkan itu bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

Lebih lanjut Ketua MPM PWM Sulsel A. Yudha Yunus, mengatakan, awal mula program ini dicetuskan dalam rapat koordinasi dengan MPM dan Majelis LH di Pusdam Tamalanrea, beberapa waktu yang lalu. Rapat koordinasi langsung dimpimpin oleh Koordinator MPM dan MLH Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Dr Ir HM Syaiful Saleh dan dihadiri kedua pimpinan majelis bersama anggotanya.

Waktu itu, lanjut A. Yudha Yunus, Koordinator MPM dan MLH Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Dr HM Syaiful Saleh cukup merespon gagasan tersebut. Dan bahkan waktu itu langsung menawarkan tempat di lantai 1 Pusdam dekat tangga.

Untuk menindaklanjuti rencana pelaksanaan program kerja MPM bersama MLH yang tidak hanya focus pada program sedakah sampah tetapi juga dengan program lainnya, diantaranya pengembangan tanaman hidroponik , tindak lanjut sekolah kader (Sekam) dan lainya akan dimatangkan dalam rapat kerja bersama MPM dan MLH yang direncanakan akhir Maret 2018.

Dalam rapat persiapan raker bersama dengan majelis lingkungan hidup , di Warkop Corner (Eks Goro) dihadiri Ketua MPM PWM Sulsel, A. Yudha Yunus, Muslimin Abdullah, Nasrullah Rahim, Indra Mini, Husna Iskandar Tompo dan Ahmad.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *