Perguruan Tinggi Se-Sulbar Deklarasi Kebangsaan di Hari Sumpah Pemuda

Laporan: Ardiansyah
Mahasiswa Prodi Matematika FKIP Unasman

RAKYATBERSATU.- Polewali Mandar-Polewali, Ribuan Mahasiswa Perguruan Tinggi (PT) se-Sulawesi Barat memadati lapangan Pancasila dalam rangka upacara Deklarasi Kebangsaan dan Kuliah Akbar memperingati hari Sumpah Pemuda, Sabtu, (28/10/2017).

Deklarasi tersebut di hadiri langsung oleh seluruh mahasiswa perwakilan Perguruan Tinggi di Sulawesi Barat serta Pimpinan Kampus se-Sulawesi Barat, tokoh agama, pemuda, masyarakat Sulawesi Barat dan Wakil Bupati Polewali Mandar.

Upacara tersebut di peringati untuk menangkal paham-paham radikalisme yang tengah merongrong eksistensi Pancasila. Sebagai cita-cita menyatukan Nusantara yang dewasa ini disebut Indonesia, pada  28 Oktober 1928 silam seluruh pemuda Nusantara membuat suatu ikrar. Bertanah Air, Berbangsa, dan Berbahasa satu itulah Indonesia.

Stering Komite Deklarasi Kebangsaan Sulbar, Rektor UNASMAN, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si mengutarakan bahwa Indonesia saat ini khususnya di Sulawesi Barat keberadaan Pancasila tengah di gerogoti paham radikalisme.

“Paham itu  mencoba  menghancurkan budaya lokalitas warisan para leluhur nenek moyang Indonesia maka hari ini kami merupakan garda terdepan yang akan melawan paham radikalisme itu,” tegasnya.

Negeri ini  sudah banyak orang-orang besar bergelar doktor bahkan profesor tetapi jauh lebih banyak yang tidak paham tentang pertanggung jawaban  terhadap dirinya sendiri.

“Pancasila merupakan ideologi negara yang merangkul semua ajaran di Indonesia seperti, Agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu,”tutur Annanggurutta K.H. Muhammad Syibli Sahabuddin.

Wakil Bupati Polewali Mandar  Rahmat Natsir menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar. “Perjuangan para pemuda dan pemudi tanah Mandar melawan kezaliman takkan bisa dilupakan, seperti Tuan Andi Depu yang merupakan pahlawan dari tanah Mandar,” ujarnya.(yd/r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *