Potensinya Besar, Lazismuh Mulai Masuk Unismuh Makassar

 Koordinator Lazismuh Sulsel, Dr H Mustari Bosrah (duduk, ketiga kiri) bersama pengurus Lazismuh dalam suatu acara di Parepare.(foto: dokumen lazismu Sulsel).

RAKYATBERSATU.COM.-Koordinator Perwakilan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah PW Muhammadiyah (Lazismuh)  Sulsel, Dr Mustari Bosrah, mulai melakukan sosialisasi UU No.23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah, di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Rabu (11/4/2018).

Mustari Bosrah yang juga Wakil Ketua PWM Sulsel, mengatakan, di Indonesia hanya ada dua lembaga  yang dibenarkan untuk menghimpun dana zakat, yakni Baznas dan Lazismuh. Untuk pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah secara nasional Lazismuh masuk kedalam peringkat 10 nasional.

Lazismuh  di dalam pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah yang berbasis organisasi terbesar di Indonesia dalam hal amal usaha telah mendapatkan izin dari Kemenag RI untuk melakukan sosialisasi dan juga membentuk Lazismu di tingkat kabupaten dan kota di Sulsel.

Khusus untuk Lazismu di Sulsel, sudah membentuk layanan pengumplan zakat di seluruh PTM-PTM di Sulsel, kecuali di Selayar dan Lutim. “Sekarang ini Lazismuh di dua kabupaten masih dalam proses pembentukan,”tandas Bustari Bosrah.

Koordinator Majelis Pustaka dan Informasi PWM Sulsel, mengatakan, dana yang terkumpul lewat Lazismuh ini akan diperuntukkan untuk membantu kegiatan sosial dan lainnya, seperti jik ada mahasiswa yang kebetulan miskin tidak mampu membayar uang SPP-nya bisa dibantu lewat Lazismuh serta lainnya.

Dia juga mengatakan, beberapa hari yang lalu Lazismu Sulsel sudah mengadakan rapat koordinasi untuk membahas program-program unggulan menghadapi bulan suci ramadhan tahun ini. Baru-baru ini,  salah satu program unggulan yakni Gerakan Shadaqah Jariah Sejuta Meter Persegi Tanah Hibah di launching, dan ini memberikan kesempatan kepada warga Muhammadiyah maupun mahasiswa yang mau ikut berpartisipasi, bisa menyampaikan langsung ke Lazismuh Sulsel.

Hadir dalam sosialisasi  pengelolaan zakat adalah, Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir,  Sekretaris PPs Unismuh, Dr Darwis Muhdina, Dekan FAI, Drs H Mawardi Pewangi,  Direktur Humas, Dr H Mahmud Nuhung, Kepala KUI Dr Bahrun Amin dan sejumlah dekan dan wakil dekan, prodi serta mahasiswa. (nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *