Shalat Idul Fitri: Di Rumah atau Lapangan

Oleh: Prof. M. NadjibBustan

DALAM keadaan normal, dianjurkan shalat Idul Fitri di lapangan, karena lebih baik, lebih banyak pahala, dan menampakkan syiar Islam. Namun kalau darurat, seperti hujan, selayaknya pindah ke masjid. Jikalau, seperti dewasa ini, terjadi wabah , sebuah darurat besar, shalat Eid dipindahkan ke rumah saja.

Islam adalah sederhana, namun jelas dan tegas. Kalau ada masalah, termasuk darurat apa saja, selalu ada jalan keluar. Islam mengajarkan kebaikan dan keselamatan.

Dalam keadaan darurat, figih mendahulukan menghindari mudarat dari pada memburu kebaikan. Darurat dalam shalat, sudah menjadi bagian dari kehidupan beragama sehari-hari. Perempuan menstruasi , tidak perlu shalat. Terlambat masuk shalat jamaah, bisa lakukan masbuq. Sementara dalam perjalanan jauh, shalat bisa dijamak (gabung 2 shalat), dan qashar (perpendek shalat menjadi 2 rakat. Dalam keadaan sakit, shalat bisa dilaksanakan dalam keadaan duduk atau baring. Sakit-sakit lutut bagi orang lansia, bisa shalat duduk dengan memakai kursi.

Sementara terbang diatas pesawat, arah kiblat tidak harus ke arah Kabbah, cukup sesuai letak duduk di kursi pesawat. Jika sendiri, shalat sendiri. Jika 2 atau lebih dari 2 orang, shalat dapat dilakukan secara berjamaah. Shalat jamaah tidak harus di masjid, melainkan bisa dimana saja; di kantor, mall, toko,atau di taman. Berniat hendak shalat Jumat, tidak temukan masjid, silahkan shalat dhuhur sendiri. Ketemu dengan banyak jamaah, shalat Jumat bisa di kantor, atau dimana saja ada tempat bersih yang tersedia.

Sekarang, Negara sementara dalam keadaan darurat akibat wabah Corona. Fikih menganjurkan shalat Idul Fitri untuk dilaksanakan di rumah. Bisa sendiri, bisa berjamaah dengan keluarga kalau cukup 4 orang, dan bisa memakai khotbah, bisa tidak ada khotbah. Apa susahnya? Islam mengajarkan kemudahan dalam kebaikan.

Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *