Dosen dan Karyawan FIK UNM Jalani Tes Swab

Dekan FIK UNM, Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes, sedang menjalani tes Swab di Kampus FIK UNM.

RAKYATBERSATU.COM.– BDosen dan karyawan di Kampus Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK-UNM) usai menjalani tes Swab gratis yang dilaksanakan di Kampus FIK UNM, Banta-bantaeng, Senin (21/12/2020).

Kegiatan tes Swab tersebut adalah kegiatan yang bekerjasama antara FIK UNM dengan Puskesmas Kalukubodoa, Makassar.

Dekan FIK UNM, Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes mengatakan bahwa kegiatan tes Swab yang difasilitasinya merupakan wujud dari keinginan untuk saling menjaga diri dari virus covid yang sedang mewabah secara global saat ini, sehingga menurutnya dosen dan karyawan diharuskan untuk menjalani tes Swab.

 

Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Puskesmas Kalukubodoa, Makassar, dr. Musherianti.

“Setelah tes ini, maka kami selaku pimpinan fakultas, akan mengambil sebuah keputusan untuk melarang dulu segala aktifitas pelayanan dan kegiatan di kampus sebelum keluar hasil tes swab, dan kita lakukan ini demi keselamatan kita bersama, karena memang tujuan kita adalah ingin menyelamatkan teman-teman semua dalam menjalankan aktifitas akademik,”tegasnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, bahwa penutupan tersebut hanya sementara saja yakni menutup kegiatan off line dan selanjutnya pelayanan dilakukan secara online, dan semua harus bekerja dari rumah.

“Sambil menunggu hasil swab keluar. Kami berharap kepada teman-teman dosen untuk sadar bersama demi menjaga keselamatan kita semua, sebab pada prinsipnya jangan kita hanya memikirkan diri sendiri tetapi mari kita pikirkan juga keselamatan orang lain yang senantiasa berinteraksi disekitar kita, apalagi tidak semua orang memiliki daya tahan tubuh yang kuat,”ungkap Prof. Hasmyati.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puskesmas Kalukubodoa, Makassar, dr. Musherianti mengatakan bahwa tes Swab massal yang dilakukannya merupakan bagian dari program untuk 15 ribu sampel warga Kota Makassar yang disebar di 47 Puskesmas se kota Makassar.

“Karena memang sasarannya untuk seluruh warga Kota Makassar dan kita sudah mulai sejak 3 Desember sampai dengan 23 Desember nanti, tanpa dipungut biaya,”ujar dr. Musherianti.

“Sebanyak 71 orang yang jalani tes Swab di Kampus FIK UNM dan hasil tes Swab ini biasanya 3 hari baru bisa kita informasikan tetapi untuk saat ini karena kita lakukan Swab massal sehingga biasanya biasa juga lebih dari 3 hari, namun sebenarnya tergantung juga jumlah sampel yang masuk ke laboratorium, tetapi yang pasti bahwa kita perlu apresiasi secara positif kepada pimpinan FIK UNM dalam hal ini Dekan yakni Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes yang berinisiatif memfasilitasi kegiatan ini,”ungkapnya. (Wahyudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *