Penerapan PSBB di Makassar: Logistik Masyarakat Harus Terjamin selama 14 Hari

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat memberikan keterangan pers (ist)

RAKYATBERSATU.COM.-Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyetujui penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Makassar. Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/257/2020. SK tertanggal 16 April 2020 tersebut telah diterima Pemprov Sulsel.

Terkait keputusan PSBB tersebut, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meminta penjabat wali kota Makassar Iqbal Suhaeb segera menerbitkan perwali sehingga penerapan PSBB tersebut terlaksana dengan baik.

Mantan bupati Bantaeng dua periode ini menginginkan PSBB ini dilaksanakan secara disiplin. Ia meminta tak ada warga yang berkeliaran saat ada warga lain yang diisolasi.

Nurdin menegaskan bahwa PSBB yang sudah disetujui Menkes tidak serta merta langsung bisa dijalankan. Harus ada Peraturan Wali Kota yang mengatur pelaksanaannya karena terkait penegakan hukum.

“PSBB itu nggak bisa serta merta langsung diberlakukan. Dan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh, (harus) diatur dalam Perwali,” ujarnya.

Nurdin berharap PSBB ini harus disosialisasikan secara maksimal ke masyarakat karena ini terkait penegakan terhadap law enforcement.

” Kita butuh satu minggu sosialisasi baru kita tentukan kapan kita mulai (PSBB),” tandasnya.

Nurdin Abdullah juga meminta masyarakat tidak panik apalagi resah akan kurangnya kebutuhan pokok.

“Masyarakat jangan menjadi stres, panik, apalagi resah terhadap kekurangan kebutuhan pokok,” ujar Nurdin saat melakukan video conference dengan wartawan.

Ditegaskan Nurdin, pada saat penerapan PSBB dilakukan isolasi wilayah yang menjadi episentrum penularan. Baik di tingkat RW maupun kelurahan. Namun sebelum itu diterapkan, harus dipastikan masyarakat memiliki bekal logistik yang cukup.

“Tidak akan mungkin perlakuan isolasi tanpa bekal logistik,” tandas Nurdin.

Selama PSBB ini, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah wajib menggunakan masker. Pemprov sudah mencetak 3000 masker yang segera dibagi-bagikan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *