PPM Terpadu LP2M UNM 2020 di Pangkep Dibuka Resmi Secara Virtual

RAKYATBERSATU.COM.– Wakil Rektor IV Universitas Negeri Makassar ((UNM) Prof. Dr. H. Gufran D. Dirawan, M.EMD membuka dengan resmi secara Virtual (online) kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Terpadu yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Kabupaten Pangkep, Sabtu (30/5/2020).

Kegiatan yang dilakukan secara online tersebut dihadiri langsung oleh Ketua LP2M, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T. dan seluruh peserta dari Kab. Pangkep, masing-masing adalah Guru-guru, Aparat desa, Kepala Sekolah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kab. Pangkep, Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kab. Pangkep, serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Prof. Gufran D. Dirawan, M.EMD mengemukakan bahwa kegiatan PPM Terpadu LP2M UNM tersebut dilaksanakan setiap tahunnya. “Oleh karena itu pada kesempatan ini izinkanlah saya untuk mengucapkan selamat menjalankan program PPM ini dan selamat pula kepada Kab. Pangkep yang terpilih menjadi lokasi pertama di tahun 2020 ini. Kemudian selamat pula kepada seluruh penanggungjawab dan seluruh peserta yang terpilih pada kegiatan ini untuk dapat menerima pendidikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam bentuk program PPM dengan berbagai materi yang telah dikemas,”ucap Prof. Gufran D. Dirawan.

Sementara itu, Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T. mengatakan bahwa PPM terpadu tahun 2020 ini dilakukan pertama kali di Kab. Pangkep sekaligus akan menjadi contoh untuk pelaksanaan PPM terpadu di Kab. lainnya.

“Jadi perlu saya sampaikan bahwa Kab. Pangkep kita pilih sebagai salah satu lokasi PPM terpadu karena komitmen pemerintah yang tinggi untuk pengembangan kompetensi masyarakat dan guru-gurunya, hal ini dibuktikan dari banyaknya pendaftar sebagai peserta pelatihan, serta wujud apresiasi yang positif dari Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kab.Pangkep. Maka dari itu, harapan kita semua bahwa PPM terpadu semacam ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan di Kab. Pangkep apalagi kita disambut baik oleh Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kab. Pangkep, bahwa beliau memiliki dana untuk kegiatan peningkatan kompetensi guru-guru di Kab. Pangkep yang nantinya akan dikerja samakan dengan LP2M UNM,”ungkap Prof. Bakhrani A.Rauf kepada Wartawan media rakyatbersatu.com.

Selanjutnya Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna sekaligus Koordinator PKM Terpadu LP2M UNM, Dr. Syamsidah, M.Pd, menegaskan bahwa usai pembukaan langsung dilanjutkan dengan pemberian materi dari masing-masing pengabdi sekaligus penandatanganan kontrak MOA dengan kepala sekolah dan kepala desa yang ditempati mengabdi.

Lain halnya dengan Koordinator PPM Terpadu Kab. Pangkep, Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd. hanya melaporkan bahwa jumlah peserta mengikuti pelatihan tersebut yakni 230 orang yang tebagi dalam 10 kelompok pelatihan.

Berikut daftar 10 orang Ketua Pelaksana PPM terpadu yang turut hadir pada pembukaan tersebut lengkap dengan materinya masing-masing :

1. Dr. Hj. Syamsidah, M.Pd: Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan model model pembelajaran dalam situasi pandemi covid 19.

2. Dr. Alimuddin, M.Sn: Pelatihan Bahan Ajar Seni Rupa Lokal Bagi Kelompok MGMP Seni Budaya Dalam Kondisi Pandemi Kovid 19.

3. Dr. Ernawati Kaseng, M.Si: Pengolahan berbahan ikan Untuk Peningkatan Imunitas dan Pangan di desa Pao pao di Era Covid 19.

4. Dr. Amiruddin, M.T.: Pelatihan Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu melalui Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Merdeka Belajar dalam Situasi Pandemi Covid-19.

5. Dr. Yasdin, M.Pd. M.Sc: PKM Literasi Digital bagi Guru di Era Pandemi.

6. Amirullah, S.Pd. M.Ed. Ph.D: PKM Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis HOTS di Era Pandemi Covid 19.

7. Prof. Dr. Hj. Mantasiah R., M.Hum.: PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Kelompok Guru & Kepala SMP Era Pandemi Copid-19.

8. Dr. Juhannis, M.Pd: PKM Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Imunitas di Era Pendemi Covid-19.

9. Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd.: PKM Pelatihan Pemenuhan Tujuan SDGs Bagi Guru di Desa Padang Lampe Kabupaten Pangkep Prov. Sulawesi Selatan Era Covid-19.

10. Nur Anny Taufiq, Ph. D: Sistem Drainase Berwawasan Lingkungan Dengan Konsep Lubang Resapan Biopori di Era Pandemi Covid– 19. (Wahyudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *