Terangi 433 Desa, PLN Siapkan Anggaran Rp735 Miliar

RAKYATBERSATU.COM.- Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap terangi 433 desa di Indonesia melalui program “Menghadirkan Terang Menyalakan Mimpi”.

Dirut PLN, Zulkifli Zaini, saat memberikan keterangan pers melalui konferensi video, Jumat (3/4) mengatakan program PLN yang bertujuan menghadirkan terang dalam arti sesungguhnya ini akan menghabiskan anggaran Rp 735 Miliar.

”Dengan dukungan penuh dari kementerian, kami sudah bisa membuat program yang komprehensif untuk melistriki 433 desa di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Nusa Tenggara ini,” kata Zulkifli Zaini.

Dirut PLN berharap seluruh program melistriki 433 desa ini bisa diselesaikan sebelum akhir tahun 2020. Bahkan jika memungkinkan pada saat 17 Agustus 2020 sebagian besar dari 433 desa ini sudah terlistriki.

Menurut Dirut PLN, pembiayaan program melistriki 433 desa ini terdiri dari pembangunan stasiun pengisian energi listriknya itu akan dari PLN sebesar Rp735 miliar, dan pengadaan tabung listrik atau talis, sebesar Rp525 miliar bisa dianggarkan dari Dana Desa atau anggaran Pemda.

”Selanjutnya pembiayaan yang lain yang sangat diperlukan untuk program ini adalah mobilisasi operasi pasukan TNI yang tadi sudah diputuskan untuk disediakan anggarannya,” ujar Dirut PLN.

Lebih lanjut, Dirut PLN juga menyampaikan bahwa kesulitan di lapangan saat memperluas elektrifikasi adalah medan, infrastruktur, dan juga mungkin ada kerawanan dari sisi keamanan.

”Dari sisi lokasi, itu melacak jejak koordinatnya saja tidak gampang. Jadi kami tadi sudah sampaikan kita menggunakan pattern recognition, spatial optimization, secara teknologi sehingga kita bisa menemukan lokasi dari 433 desa yang sudah diidentifikasi oleh Kementerian ESDM itu secara tepat,” imbuh Dirut PLN. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *