UNM Rancang Alat Cuci Tangan Portable Melalui Pengabdian Masyarakat

RAKYATBERSATU.COM.- Universitas Negeri Makassar melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M UNM) melakukan sebuah gebrakan nyata di tengah mewabahnya virus Corona-19 dengan merancang alat cuci tangan Portable yang praktis dan efisien di Kabupaten Soppeng, Minggu (5/4/2020).

Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP menegaskan bahwa untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam memerangi dan mengatasi penyebaran virus Corona maka UNM wajib hadir dan tentu senantiasa siap setiap saat mengambil peran penting itu, salah satunya adalah menerapkan alat cuci tangan Portable pada masyarakat di Kab. Soppeng. “Selanjutnya kita akan terapkan pula alat cuci tangan Portable ini ditempat lain,”ungkap Prof. Husain Syam.

Sementara itu, Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT mengatakan bahwa alat cuci tangan ini proses pembuatannya sengaja dilakukan di lokasi bersama dengan masyarakat agar supaya masyarakat dapat mengetahui dan terampil membuat sendiri alat cuci tangan untuk mencegah wabah virus corona di lingkungannya masing-masing.

“Saya perlu sampaikan bahwa penerapan alat cuci tangan Portable ini dilakukan di Dua tempat yakni di Kampung Madining Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng karena daerah tersebut pada bulan Februari 2020 juga terkena bencana banjir besar akibat luapan Danau Tempe sehingga masyarakat disana perlu dibantu dalam penanganan Covid-19 ini,”ujar Prof. Bakhrani A. Rauf.

Peran serta UNM menurut Camat Marioriawa Kabupaten Soppeng, Usman Achmad, S.IP, M, Pd merupakan sebuah langkah yang sangat membantu masyarakatnya di tengah maraknya wabah Covid-19. “Tentu saja UNM di bawah pimpinan Rektor UNM, Prof. Husain Syam dengan bantuan ini maka kami sangat berterima kasih atas penerapan alat cuci tangan Portable pada masyarakat di Kecamatan Marioriawa,”ujar Achmad.

Kehadiran UNM di tengah masyarakat tersebut tentu saja mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Soppeng. Lurah Attang Salo, Sahrul, S,Sos, MM, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak Rektor UNM atas bantuan dan penerapan serta pelatihan pembuatan alat cuci tangan Portable yang praktis dan efisien tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan atas bantuan Bapak Rektor UNM, karena tentu saja sangat bermanfaat bagi masyarakat apalagi alatnya mudah dipindah-pindahkan dan hanya menggunakan rangka dari kayu lokal sehingga masyarakat dapat membuat sendiri dalam pencegahan penyebaran Virus Corona ini,”ucapnya.

Bahkan salah seorang warga yakni Herman yang terlibat dalam pembuatan alat cuci tangan Portable tersebut tak mampu menyembunyikan perasaan kepuasannya sehingga sangat berterima kasih kepada UNM atas pengetahuan dan keterampilan serta bantuan yang diberikan kepada masyarakat hingga akhirnya masyarakat mampu membuat sendiri demi untuk hidup sehat dan terhindar dari wabah Virus Corona.

“Jadi alat ini sebenarnya praktis dan mudah dipindah-pindahkan, dengan harapan masyarakat dapat membuatnya sendiri karena hanya menggunakan rangka dari kayu lokal serta dapat dipindah-pindahkan,”ungkap Herman.(Wahyudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *