107 Korban Meninggal dalam Musibah di Masjidil Haram

crene jatuhMakkah (rakyatbersatu)-Duka mendalam datang dari tanah suci Makkah. Dikabarkan sebuah derek atau crane berukuran sangat besar jatuh di tempat thawaf Masjidil Haram, Jumat 11 Sepetmber 2015. Akibat peristiwa itu sebanyak 107 korban termasuk dua jamaah haji Indonesia dikabarkan meninggal dunia, sementara yang terluka sebanyak 238 orang.

Jammah haji Indonesia yang meninggal adalah Masnauli Hasibuan dari Kloter 09/MES. Untuk diketahui Kloter 09/MES adalah embarkasi Medan dan Siti Rasmi Darmini dari Kloter 23/JKS. Untuk diketahui kloter 23/JKS adalah embarkasi Jakarta.

Peristiwa tersebut terjadi saat ribuan dari jutaan Muslim dari berbagai penjuru dunia berkumpul untuk menjalankan ibadah haji yang akan dimulai pada 21 September. Masjidil Haram biasanya mengalami puncak kepadatan pada Jumat saat Umat Muslim Salat Jumat. Peristiwa jatuhnya crane terjadi sekitar sejam sebelum waktu Salat Maghrib

Jatuhnya crane tersebut menurut sumber resmi dimulai saat badai pasir besar diikuti oleh guntur, petir dan hujan, tiba-tiba petir menyambar salah satu crane dan jatuh. Crane ini terbuat dari baja menghantam salah satu pilar dari Masjidil Haram dan jatuh ke mataf di mana ribuan jamaah berada di sana.

Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal sudah memerintahkan penyelidikan langsung terkait peristiwa itu. Dia juga mendesak pemerintah untuk memberikan pengobatan terbaik untuk korban luka.

Presiden Jokowi menyampaikan duka cita kepada korban jatuhnya crane di Masjidil Haram. Jokowi akan memberikan santunan kepada jemaah Indonesia yang menjadi korban.
“Tentu Presiden akan memberikan santunan,” kata Sekretaris Kabinet Pranono Anung yang mendampingi Jokowi, di Istana King Faishal, Jeddah, Arab Saudi.

Jokowi ingin meninjau ke Rumah Sakit yang mengakomodasi korban crane jatuh. Namun jalur darat dari Jeddah ke Makkah tak memungkinkan untuk ditempuh dalam sekejap mata.”Tapi jalan menuju Masjidil Haram macet 10 kilometer,” kata Pramono.

Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin sudah menerima laporan tentang musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram. Menag Lukman berkoordinasi terus dengan Daker Makkah untuk cek kondisi korban.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *