168 Kepala KUA/Penghulu se-Sultra Ikuti Raker

Kabid Urais dan Binsar Kanwil Kemenag Sultra, Drs.HM. Sabir
Kabid Urais dan Binsar Kanwil Kemenag Sultra, Drs.HM. Sabir

Kendari,RBC – Untuk mewujudkan dan meningkatkan kinerja di tiap Kantor Urusan Agama (KUA) se-Sultra kini dan akan datang, maka pelayanan pada masyarakat, khususnya terkait urusan-urusan keagamaan pada tingkat kecamatan adalah hal yang menjadi kewajiban dan tanggungjawab Kepala KUA dan dibantu para Penghulu serta staf yang ada. Karenanya, kewajiban dan tanggungjawab tersebut adalah bagian tak terpisahkan dari segenap harapan dan hajat hidup masyarakat, khususnya ummat Islam agar senantiasa diaktualisasikan dari waktu ke waktu oleh para Kepala KUA melalui program dan rencana kerjanya secara berkala.

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. HM. Sabir, Jumat kemarin, (17/4) di Kendari. Penegasan ini, terkait akan digelarnya Rapat Kerja 168 orang Kepala KUA/Penghulu se-Sultra yang akan dibuka langsung oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI pada Sabtu besok (18/4).

“Pak Direktur yang akan membuka acara Raker para Kepala KUA/Penghulu sekaligus membawakan materi tentang Arah Kebijakan Direktorat Jenderal Bimas Islam dan Pembinaan Syariah. Disusul materi Juknis Mekanisme Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) oleh Kabag Perencanaan dan Sistem Informasi Ditjen Bimas Islam serta materi Perspektif Potensi Pengembangan Urais dan Binsyar serta Standar Operasional Layanan KUA dan Penghulu Kecamatan di Sultra oleh Kakanwil Kemenag Sultra”, ungkap Sabir.

Suatu hal yang perlu difahami pula oleh para Kepala KUA dan Penghulu adalah materi sinkronisasi data, validasi KUA Kecamatan dan Kriteria Keluarga Sakinah serta Prosedur Pembentukan BP.4. Karenanya, aktualisasi data yang akurat oleh KUA dari waktu ke waktu akan berpengaruh secara positif dan memudahkan pimpinan pada tingkatan Kabupaten, Provinsi hingga Pusat dalam hal pengambilan keputusan yang tepat buat kepentingan ummat, bangsa dan Negara, harap Sabir dengan penuh optimis. (La Ode Abdul Syukur)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *