2015, Kopertis Berubah Jadi L2Dikti

Prof.Ir.Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D (ist)
Prof.Ir.Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D (ist)

Makassar.- Memenuhi amanah UU Pendidikan Tinggi dan perubahan nomenklatur kementerian maka Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis I sampai XIV) mulai 2015 akan berubah menjadi Lembaga Layanan Dikti (L2Dikti). Perubahan nama itu sekaligus cakupan kerjanya akan meluas juga karena akan melayani pendidikan tinggi swasta dan pendidikan tinggi negeri.

Demikian ditegaskan Direktur Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dikti, Prof.Ir.Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D, saat membuka dan membawa materi pada pembukaan Rapat Kordinasi Kopertis se-Indonesia di kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Makassar, Kamis malam 11 Desember 2014.  

Kehadiran L2Dikti di 14 kota provinsi se-Indonesia memberi ruang dan kesempatan luas bagi rektor perguruan tinggi negeri untuk tidak keseringan bolak balik ke Jakarta bertemu menteri. Urusan pengelolaan kampus PTN cukup diurus dan diselesaikan di masing-masing kantor L2Dikti.

Pelayan untuk stakeholder pendidikan tinggi yang akan didelegasikan ke L2Dikti, termasuk izin operasional kampus. Kementerian baru bertekad untuk memberi pelayanan berkualitas dengan waktu sesingkat-singkatnya serta proses perizinan yang tidak bertele-tele, kata Hermawan.

Selain pelayanan penelitian pada pendidikan tinggi juga akan didelegasikan ke L2Dikti. Tahun anggaran 2015 pemerintah lewat kementerian Ristek dan Dikti mengalokasikan dana penelitian senilai Rp.2 Trilyun. Alokasi dana besar itu menjadi peluang bagi kampus dengan mempersiapkan tenaga dosen untuk aktif melakukan penelitian.

Hasil penelitian yang disiapkan dananya menurut Hermawan, harus ada hilirisasi riset serta hasil penelitian itu harus dipublikasikan pada jurnal akreditasi skala nasional dan internasional.

Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof.Dr.Andi Niartiningsih, MP selaku tuan rumah mengatakan, tujuan dari pertemuan rutin tiga bulanan ini, mendapatkan gambaran tentang potret penyelenggaraan perguruan tinggi, rencana pengembangan dosen, serta memperoleh gambaran perubahan institusi Kopertis menjadi L2D. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *