2016, Parepare Wajib WTP

Walikota Parapare Taufan Pawe saat memberikan pengarahan pada pimpinan SKPD (ist)
Walikota Parapare Taufan Pawe saat memberikan pengarahan pada pimpinan SKPD (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Tekad Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2016 tahun ini terus digelorakan kepada jajarannya. Taufan mengatakan,  opini WTP terhadap laporan keuangan Pemerintah Kota Parepare adalah fardu ain (wajib).

Penegasan ini kembali dilontarkan Taufan saat berbicara di acara coffee morning mingguan Pemerintah Kota Parepare, Senin, 11 Januari. Acara yang berlangsung di ruang rapat  Wali Kota Parepare itu, diikuti pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare, termasuk camat lurah.

Taufan minta pimpinan SKPD untuk tidak main-main dengan pertanggungjawaban keuangan pengelolaan kegiatan di SKPD mereka. Paling lambat pekan depan kata Taufan, seluruh laporan pelaksanaan kegiatan tahun 2015 sudah harus rampung.

Secara khusus dia minta Kabag Pengelolaan Aset Andi Sinangka untuk segera menyelesaikan pelaporan pengelolaan aset daerah. Masalah ini kata Taufan, penting karena tahun 2015 lalu Parepare gagal diraih WTP karena aset Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau yang tidak diakui kewajarannya.

“Kabag Aset sudah memberikan pengakuan kepada saya untuk segera membenahi masalah aset ini. Tahun lalu tinggal satu temuan, yakni aset Rumah Sakit Umum Andi Makkasau. Kita tidak ingin persoalan aset kembali mengganjal kita meraih WTP,” papar Taufan.

Coffee morning ini juga dihadiri Dewan Pengawas (Dewas) RSUD Andi Makkasau dan PDAM Kota Parepare. Salah satunya adalah  mantan Sekretaris Daerah Kota Parepare, Muhammad Hatta B, dan Rahman Mappagiling.

Sebelumnya, Taufan mengatakan, Pemkot Parepare tidak boleh mengulang kegagalan dalam perburuan opini WTP tahun 2015 lalu. Opni WTP tahun 2016 kata Taufan, wajib bagi kota berpenduduk 137 ribu jiwa ini.

Target ini dinilai realistis mengingat tinggal satu item permasalahan yang mengganjal Pemkot Parepare meraih WTP dari BPK. Pemerintah Kota Parepare juga terus menunjukkan trend temuan kasus dalam pengelolaan keuangannya.

Bandingkan saat tahun 2013 yang mencapai 100 temuan lebih. Taufan Pawe harus berhadapan dengan ratusan kasus temuan BPK yang telah membuat laporan keuangan Pemerintah Kota Parepare discalimer.

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara tak kalah getolnya dalam perburuan opini WTP tahun 2016 ini. Dia terus mendorong SKPD membenahi laporan keuangan mereka.

Utamanya kata Mustafa, Laporan Realisasi Anggaran (LRA) untuk mengantisipasi kemungkinan adanya percepatan pemeriksaan pengelolaan keuangan dari BPK. Ini disampaikan Mustafa pada coffee morning pekan lalu yang berlangsung di Aula Kecamatan Ujung.(a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *