24 Ribu Pasukan TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Jokowi-JK

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (ist)
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (ist)

Jakarta – Untuk meredam segala kemungkinan terjadi saat pelantikan presiden terpilih Jokowi-JK, TNI dan Polri telah menyiapkan 24 ribu pasukan pengamanan yang akan ditempatkan diberbagai lokasi strategis.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang memimpin langsung apel persiapan pengamanan pelantikan presiden yang juga dihadiri Kapolri Jenderal Sutarman, Kasau Marsekal Ida Bagus Putu Dunia dan Kasal Marsekal Marsetio digelar di parkir timur Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Oktober 2014, mengatakan situasi negara dalam kondisi aman. Dia bahkan berjanji proses pelantikan pada Senin, 20 Oktober akan berjalan tertib dan aman.

“Kita siapkan 24 ribu pasukan TNI- Polri. Kita pastikan siap siaga, kondisi keamanan saat ini aman terkendali. Jadi masyarakat tidak perlu takut,” kata Moeldoko.

Sebanyak 24 ribu pasukan gabungan TNI-Polri ikut dalam apel itu. Mereka juga sudah dilengkapi dengan senjata lengkap. Beberapa kendaraan alat berat milik TNI seperti Panser Anoa juga telah disiapkan.

24 ribu pasukan gabungan itu akan disebar di seluruh titik yang akan dilewati Jokowi-JK selama proses pelantikan. Seperti diketahui, usai dilantik di gedung DPR/MPR Jokowi akan mengikuti acara di Istana Negara.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MPR Edi Siregar menyebutkan satu per satu perwakilan negara-negara yang akan menghadiri pelantikan Jokowi-JK.

“Ada Sultan Brunei, PM Singapura, PM Malaysia, PM Timor Leste, PM Papua Niugini, Presiden Iran, PM Haiti, Wakil PM Thailand, PM Australia, dan satu orang mantan PM Jepang,” ujar Edi.

Selain itu, kata Edi, beberapa perwakilan dan utusan khusus negara lain juga akan datang, yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, Menlu Inggris, Menlu Selandia Baru, Menteri Federasi Rusia, utusan Vietnam, utusan RRT, serta utusan Belanda.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *