4.965 KK di Parepare Terima Raskin Gratis

Raskin siap dibagikan di Parepare (ist)
Raskin siap dibagikan di Parepare (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Sebanyak 4.965 Kepala Keluarga (KK) di Kota Parepare dipastikan menerima beras miskin (Raskin) gratis. Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe telah memprogramkan Raskin gratis ini dalam RAPBD Kota Parepare tahun 2016 mendatang.

Taufan mengatakan, intervensi pemerintah daerah dalam program Raskin sangat dibutuhkan untuk memastikan program ini benar-benar  mengena sasaran. Selama ini, meski dikatakan beras miskin faktanya masyarakat harus tetap mengeluarkan duit untuk menikmati Raskin.

Berbicara usai menyerahkan bantuan untuk korban bencana kebakaran di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki,  Taufan mengatakan, kebijakan Raskin gratis Parepare akan diberlakukan per 1 Januari 2016.

Taufan mengatakan, dirinya sering mendapati tumpukan Raskin di kantor kelurahan karena warga penerima program tidak memiliki uang untuk membeli Raskin. Fenomena ini kata Taufan tidak boleh lagi terulang di tahun 2016.

Pemerintah Kota Parepare telah memprogramkan menalangi anggaran pembelian Raskin untuk masyarakat miskin. Ia minta camat lurah segera melakukan validasi dan verifikasi data para penerima Raskin, sebelum disalurkan ke masyarakat.

Ini kata dia, untuk menghindari kemungkinan adanya oknum yang bermain dengan program Raskin. Bukan rahasia lagi penyaluran Raskin kadang disalahgunakan untuk kepentingan tertentu.

“Saya tidak mau lagi dengar ada masyarakat yang berhak dapat Raskin namun tidak terima. Begitu pula tidak boleh ada warga yang bukan penerima Raskin justru mendapatkan Raskin,” tegas Taufan.

Persoalan klasik ini sebenarnya jauh hari telah disoal oleh Pemerintah Kota Parepare. Hanya saja, Pemkot tidak bisa menentukan siapa yang berhak menerima dan siapa yang tidak boleh menerima bantuan, karena data Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima Raskin ditentukan pemerintah pusat.

Kendati demikian, terkait ini Taufan telah berkali-kali menyampaikan agar camat lurah proaktif dalam penyakuran Raskin di daerahnya. Minimal mereka memberitahukan dan menyampaikan kepada warga yang berhak menerima.

Merespon penyampaian Wali Kota Parepare, Camat Bacukiki, Iskandar Nusu, mengatakan, pihaknya bersama LPMK dan Ketua RT RW  berencana duduk bersama membicarakan persoalan tersebut.

“Kita tidak ingin ada lagi yang complain. Kita mau yang menerima adalah mereka yang berhak. Kita sudah sepakat lakukan evaluasi sebelum diputuskan siapa yang berhak menerima,” kata Iskandar.

Rencananya, guna memberi  efek rasa malu kepada warga mampu, namun senang makan Raskin,  Pemkot akan memberikan label khusus (papan bicara) di tembok depan rumah setiap warga penerima Raskin bahwa keluarga penghuni rumah tersebut adalah penerima Raskin.  (a.rahman/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *