5 Tips Belanja Akhir Tahun Agar Tak Buntung

strategi belanja akhir tahunMEMASUKI akhir tahun maka biasanya akan ditandai dengan promo-promo menarik dan diskon clearance sale dari berbagai outlet. Tak hanya dari outlet-outlet biasa, beragam outlet dari merk terkenal pun berbondong-bondong melakukan ‘cuci gudang’. Tak heran kita pun bersemangat belanja akhir tahun. Bagaimana tidak merk idaman bisa diskon sampai 50 persen hingga 70 persen.

Tak salah untuk berbelanja di momen-momen akhir tahun. Justru pada saat-saat seperti itu, Anda justru lebih hemat karena harga yang ditawarkan benar-benar ‘miring’. Namun, sayangnya, saking ‘miring-nya kadang kala kita jadi kalap untuk berbelanja. Apalagi kalau ada kartu kredit yang tak jarang menawarkan promo-promo menarik, seperti BCA  Kartu kredit dan sebagainya.

Jadi agar tak buntung, mari simak beberapa tips belanja akhir tahun berikut ini:

Bikin anggaran sebelum berbelanja

Yap! Ini adalah hal terpenting yang harus Anda buat pertama kali, bahkan sebelum berbelanja. Dengan begitu, Anda punya semacam ‘pegangan’ yang harus dipatuhi ketika berbelanja. Ya, ada rambu-rambu kapan Anda harus berhenti berbelanja yakni ketika ternyata hobi Anda tersebut sudah hampir melebihi budget yang sudah Anda bikin.

Tuliskan apa-apa saja yang dibutuhkan

Sebelum Anda berangkat ke toko yang dituju ataupun sebelum berbelanja online, ada baiknya untuk menuliskan apa-apa saja yang Anda butuhkan. Meski murah kalau tidak diperlukan, tentu sayang sekali, bukan? Ada baiknya tidak tergoda hanya sekadar melihat harga melainkan barang tersebut memang benar Anda butuhkan.  (Baca Juga : Tips Belanja Hemat Di Akhir Tahun Dengan Kartu Kredit BRI) Oleh karena itu, Anda bisa buat daftar belanja terlebih dahulu. Ketika ada barang yang diinginkan selain dari daftar tersebut, coba tanyakan lagi pada diri sendiri – apa manfaatnya dan apakah akan over-budget.

Langsung menuju etalase barang yang kamu incar

Memang window-shopping itu mengasyikkan, ya, istilah kerennya ‘cuci mata’. Namun, jika tak bisa kendalikan diri, anggaran Anda lama-kelamaan bisa terkuras. Jadi, Anda bisa langsung menuju bagian barang yang hendak dibeli.

Beli barang yang sedang sale

Momen akhir tahun biasanya banyak barang yang sedang sale. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menghemat anggaran. Coba lihat informasi tersebut di akun media sosial terkait, ataupun langsung datang ke tokonya. Cek juga apakah ada promo dari kartu kredit yang Anda gunakan. Contohnya saja, merk ternama Kate Spade. Di akhir tahun ini sedang ada program diskon 10% untuk pembelian 2 item dan bisa cicilan 0% pula dari kartu kredit BCA. Kalau belum punya kartu kredit, Anda bisa apply kartu kredit online via CekAja.com.

Hadiahi dirimu

Menghemat bukan berarti Anda tidak bisa menghadiahi diri sendiri. Jika memang satu barang benar-benar membuat Anda ‘jatuh cinta’ dan kepikiran terus-menerus, tak ada salahnya untuk membelinya. Asalkan Anda tak ‘jatuh cinta’ berkali-kali, itu namanya membabi buta.

Nah, sudah siap untuk berburu beragam promo menarik dari outlet-outlet langganan atau merk ternama favorit Anda? Jangan lupa untuk siapkan budget secukupnya dan patuhlah terhadap anggaran yang sudah Anda bikin. Atau, Anda bisa mulai menabung dari sekarang agar tak sepenuhnya mengandalkan dana dari kartu kredit Anda.

Cukup meresahkan juga, bukan, kalau Anda harus membayar tagihan yang melewati batas kemampuan di bulan depan? Apalagi kalau tidak bisa full-payment, tentu sayang sekali jika Anda harus bayar bunga dan itu berarti sama saja harga barang tersebut tidak didiskon.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *