640 Pejabat Eselon Pemkot Parepare Segera Dievaluasi

Walikota Parepare, Taufan Pawe saat menghadiri Pencerahan Mental Spritual Aparat Sipil Negara (ASN) di Hotel Kenari Parepare,
Walikota Parepare, Taufan Pawe saat menghadiri Pencerahan Mental Spritual Aparat Sipil Negara (ASN) di Hotel Kenari Parepare. (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com)- Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengisyaratkan kebijakan evaluasi jabatan eselon dalam jajaran pemerintahannya.  Evaluasi ini kata Taufan, tak hanya ditujukkan untuk pejabat eselon II, namun juga eselon III dan IV yang jumlahnya mencapai 640 orang.

Saat menghadiri acara Pencerahan Mental Spritual Aparat Sipil Negara (ASN) di Hotel Kenari Parepare, Taufan mengungkap, evaluasi akan dilakukan dalam waktu  yang tidak terlalu lama. “Saya sudah minta Pak Sekda agar ini dilakukan paling lambat akhir tahun ini,” katanya.

Hasil evaluasi selanjutnya menjadi bahan pertimbangan bagi kebijakan mutasi nanti.  Kebijakan ini juga diharapkan dapat memetakkan  kualitas dan distribusi SDM pejabat eselon yang selama ini menduduki jabatan struktural di jajaram Pemkot Parepare.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemkot Parepare. Hadir Kabag Mental Spritual Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Ariati, serta pejabat Pemerintah Kota Parepare  yang memenuhi Aula Pertemuan Hotel Kenari.

Taufan mengakui, tidak semua pejabat eselon dalam jajarannya memiliki kapasitas SDM yang memadai. Ia berharap kebijakan evaluasi dapat menyaring pejabat yang kompeten serta memaksimalkan kinerja Pemerintah Kota Parepare.

Ia menegaskan, dirinya telah mencanangkan tahun 2016 sebagai tahun inovasi. Salah satu ukuran inovasi kata Taufan adalah adanya prestasi.  “Jika pejabatnya inovatif maka dipastikan pejabat dimaksud akan berprestasi,” katanya.

Obsesi Taufan adalah terciptanya tata pemerintahan yang lebih baik selama masa pemerintahannya. “Saya selalu bilang setiap pemimpin punya masa dan setiap masa punya pemimpin. Saya  ingin di masa saya, pemerintahan di Kota Parepare ini bisa lebih baik,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Taufan memaparkan rencana seleksi terbuka seluruh jabatan administrator setara eselon IIb. Ini kata Taufan, dilakukan guna menyediakandaftar pejabat eselon dua yang kompetensinya  sesuai dengan jabatan yang diduduki, dan atau yang akan diduduki.

Kewajiban seleksi terbuka ini terang Taufan, sesuai semangat UU Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparat Sipil Negara (ASN), serta surat edaran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor B/636/KASN/7/2015 .

Dalam surat tertanggal 28 Juli  itu, KASN meminta seluruh pemerintah daerah melakukan pengisian jabatan administrator melalui seleksi terbuka. Seleksi ini tidak hanya diwajibkan untuk jabatan eselon yang kosong, namun juga jabatan yang terisi.

Taufan mengatakan, sudah cukup waktu bagi seluruh pemangku eselon dalam jajaran pemerintahannya menunjukkan kinerja mereka.  Ia pun mengingatkan mereka untuk tampil profesional dan senantiasa menjaga etika dan prinsip-prinsip pemerintahan.  

Taufan minta agar pimpinan SKPD mengoptimalkan fungsi pengawasan. Kerja-kerja profesional pemerintahan kata dia, tidak terlepas dari kemampuan pimpinan untuk melihat setiap potensi yang ada serta menerapkan manajemen pemerintahan yang baik. (a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *