ABD GANI SEKDA BARU KABUPATEN BANTAENG

Suasana pelantikan Sekda Kabupaten Bantaeng
Suasana pelantikan Sekda Kabupaten Bantaeng

Bantaeng,– Setelah sempat kosong beberapa waktu dan hanya diisi pelaksana tugas, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantaeng akhirnya terisi.

Jabatan orang nomor satu lingkup Sekretariat Daerah tersebut diisi Drs H Abdul Gani MBA. Ayah 3 putri kelahiran Jeneponto 12 Juli 1955 itu sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi.

Sebagai tanda resminya Sekda difinitif tersebut, Wakil Bupati H Muhammad Yasin atas nama Gubernur Sulsel melantik dan mengambil sumpah H Abd Gani di Balai Kartini Bantaeng, Rabu (6/8).

Bersama Sekda baru, sejumlah pejabat eselon 2,3 dan 4 juga dilantik oleh Wakil Bupati disaksikan pejabat Muspida diantaranya Ketua DPRD Hj Novrita Langgara, Dandim 1410 Letkol Infantri Heny Setiono, Wakapolres, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng.

Para pejabat yang dilantik masing-masing Kepala Dinas Perindagtamben Ratna Lantara. Kabag Perekonomian Setda Bantaeng itu menduduki jabatan yang ditinggal H Abd Gani yang dilantik menjadi Sekda.

Jabatan Kabag Perekonomian diisi Ahmad Salam yang sebelumnya menjabat Camat Pa’jukukang, sedang jabatan yang ditinggal Ahmad Salam diisi H Jamaluddin yang sebelumnya menjabat Camat Sinoa.

Jabatan Camat Sinoa dipercayakan kepada Ijas Fajar yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Jabatan Kabid Pemdes yang ditinggal Ijas Fajar diisi Suardi yang sebelumnya menjabat Kabid Kebersihan dan Pertanaman pada Bapedalda Kabupaten Bantaeng.

Pejabat eselon 2 lainnya yang dilantik yakni Ir HA Akil MBA. Staf Ahli Bupati Bantaeng itu menjadi Kadis Kehutanan dan Perkebunan menggantikan Ir Asaduddin yang menjadi Staf Ahli Bupati bidang Pertanian.

Kepala Bapedalda yang selama ini dijabat H Abdullah Taibe juga digeser ke Ir Rahmaniar yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan.

Abdullah Taibe dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati bidang Pertanian dan Kelautan, sedang jabatan yang ditinggal Rahmaniar dipercayakan kepada Ir Budi Taufik.

Masih pada lingkup Bapedalda, Kepala sub Tata Lingkungan Hj Ernawati mendapat mutasi menjadi Kasi Fasilitas Pembiayaan pada Dinas Koperasi dan UKM, sedang Jaemuddin yang menjabat Kasi Perlindungan Hutan dilantik menjadi Kabid kebersihan dan Pertanaman pada Bapedalda.

Pejabat eselon IV yang juga mendapat mutasi Hj Puspa Yuli yang selama ini staf pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menjadi Sekretaris Lurah Pallantikang.

Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin dalam arahannya berharap kepada semua pejabat yang diberi kepercayaan agar menjalankan tugas sesuai fungsinya masing-masing.

Khusus untuk pejabat Sekda, ia mengingatkan, bahwa tugas Sekda selain tugas pokok juga terdapat tugas tambahan sesuai arahan Bupati.

Karena itu, ia berharap Sekda baru melakukan konsolidasi dan komunikasi yang baik, terutama menghadapi sejumlah agenda penting ke depan.

Agenda tersebut diantaranya menyangkut perubahan APBD, persiapan peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus, pelaksanaan Porda ke 15, Hari Jadi Kabupaten serta sejumlah agenda lainnya.

Kepada pejabat Bapedalda yang baru, Wabup juga berpesan agar tetap memperhatikan masalah kebersihan. ‘’Bangun komunikasi intens dengan masyarakat agar kebersihan kota tetap terjaga,’’ pintanya.

Khusus kepada Kadis Perindagtamben yang baru, Muhammad Yasin mengingatkan agar tetap menjaga kestabilan harga, terutama kebutuhan pokok masyarakat.

Di bidang pertambangan, Wabup mengingatkan agar dilakukan pengendalian, sedang untuk industri pejabat baru diharapkan melakukan pembinaan dan pengawasan.

Wabup juga mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian hutan untuk menjamin masa depan. Tanpa penjagaan yang baik, hutan akan berdampak sosial, terangnya.

Kepada Camat Pa’jukukang, Wabup Muhammad Yasin berharap dapat menghadirkan kawasan pesisir yang bersih mengingat pesisir di Kabupaten Bantaeng berada di jalur utama.(hms)    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *