Abraham Samad: Hentikan Uang Setoran ke Atasan

Ketua KPK Abraham Samad (ist)
Ketua KPK Abraham Samad (ist)

Ketua KPK Abraham Samad melontarkan kritikan kepada jajaran Kepolisian RI terkait adanya budaya “uang setoran” ke atasan. Untuk itu dia meminta Kapolri Sutarman untuk menghentikan kebiasaan yang tak elok itu.“Pak Sutarman saya tidak ingin dengar lagi ada seorang Kapolres yang nyetor ke Kapolda. Saya tidak ingin dengar cerita-cerita itu. Saya harap di tangan besi Pak Tarman digunakan positif untuk Polri,” kata Abraham dihadapan peserta diskusi bedah buku  mantan Kapolri Hoegeng Iman Santoso , berjudul “Hoegeng Polisi dan Menteri Teladan” karya Suhartono di Jakarta Selatan, Minggu, 17 November 2013.

Menurut Abraham Samad, banyak polisi yang ingin menjadi penegak hukum yang baik, namun mereka sulit melakukannya. “Saya kalau ke daerah, saya panggil beberapa anggota polisi, saya tanya, kalian mau berubah atau enggak. Mereka bilang mau, tapi susah karena harus nyetor sana-sini sama yang di atasnya,” kata Abraham.

Menurut Abraham Samad masih banyak yang harus diperbaiki di dalam internal Kepolisian RI. Jika tradisi setor-menyetor masih berlaku di internal Polri, akan sulit untuk menghentikan penyimpangan serta korupsi di lembaga penegak hukum itu. (yd/jkt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *